TIMNAS

Sebanyak 26 pemain calon ruki IBL 2018-2019 saat ini sedang mengikuti IBL Rookie Combine di Jakarta. Mereka menjalani seleksi mulai 3 hingga 8 September, yang dipimpin oleh pelatih asal Australia, Damian James Cotter.

Berikut daftar pemain yang mengikuti IBL Rookie Combine:

Para pemain tersebut dijaring melalui dua jalur yaitu Liga Mahasiswa dan Pengprov Perbasi Seluruh Indonesia. Kedua jalur tersebut punya syarat tersendiri yang harus dipenuhi peserta. Proses pendaftaran dimulai pada 17 Juli dan berakhir 17 Agustus 2018. Setelah semua pemain mendaftar, mereka diwajibkan untuk mengikuti IBL Rookie Combine sebagai syarat mutlak penerimaan pemain baru di IBL nanti.

Mereka diuji dari sisi fisik dan teknik bermain basket. Selain itu, para peserta juga mendapatkan materi non-teknis. Direktur IBL, Hasan Gozali menuturkan bahwa para pemain baru harus siap secara mental untuk bersaing di liga profesional.

"Para calon ruki IBL ini bersaing dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Mereka ingin menunjukkan bahwa mereka layak tampil di kompetisi tertinggi. Selain teknis, mereka harus siap mental," kata Hasan.

IBL Rookie Combine tersebut dipimpin oleh Damian James Cotter. Ia merupakan asisten pelatih Long Island Nets yang tampil di NBA G-League. Cotter punya rekam jejak yang luar biasa saat membawa tim nasional putri Australia menduduki peringkat ketiga di FIBA Women's Basketball World Cup 2014 dan peringkat lima di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

"Melihat prestasi dan pengalamannya, saya rasa Damian Cotter bisa mengembangkan kemampuan para calon ruki IBL," sambung Hasan.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut, para peserta akan dinilai dan ditentukan peringkatnya. Setelah itu, tim-tim boleh memilih para calon ruki dalam Draft IBL. Acara ini akan berlangsung pada bulan Oktober mendatang.(*)

Foto: Hariyanto

Komentar