IBL

Visi adidas untuk menyediakan sepatu terbaik bagi atlet terus berjalan. Bantalan Futurecraft yang digadang-gadang sebagai yang termutakhir tampaknya akan segera tergantikan. Desainer sepatu bernama Aarish Netarwalas berhasil menarik perhatian melalui temuannya yang dinamai The Grit. Sepatu ini adalah pengembangan lebih bantalan Futurecraft.

The Grit merupakan hasil proyek kerjasama Si Tiga Garis dengan ArtCenter College of Design. Netarwalas didapuk sebagai pemimpin proyek yang juga merupakan desainer kelas kakap dari sekolah desain kenamaan asal Amerika Serikat itu.

Proyek ini diadakan dengan tema menciptakan sepatu olahraga masa depan untuk mengakomodasi kebutuhan penikmat olahraga berdurasi lama. Olahraga yang dimaksud adalah marathon, triathlon, dan lain sebagainya.

Aarish Netarwalas menyatakan bahwa performa sepatu ini akan membantu meminimalisir ketidakstabilan kaki pelari saat mengalami benturan. Inspirasi pembuatan sepatu datang ketika kakinya terbenam di dalam gundukan pasir. Oleh karena itu, ia mencoba mengaplikasikan apa yang ia rasakan ke dalam konsep bantalan baru yang bisa menyerap tenaga yang disalurkan kaki sama seperti pasir yang menyerap kaki manusia.

Konsep semacam ini dinamai Anti-Matter. Persilangan plastik The Grit tersebut akan mengencang dan mengendur untuk mengembalikan energi regeneratif kaki lalu mengumpulkan hentakan yang bermanfaat untuk memberi energi eksplosif kembali pada kaki penggunanya. Alhasil, Netarwalas menjanjikan bahwa sepatu ini bisa membantu penggunanya berlari lebih jauh dengan merasakan sensasi seperti menginjak pasir.

Bantalan The Grit sekilas menyerupai Futurecraft. Sebagai pembeda, Netarwalas mengubah komposisi plastik polyutherane elastomeric menjadi lebih berjarak dari Futurecrafi biasa. Selain itu, ia hanya menggunakan dua pertiga komposisi Primeknit namun ia buat lebih tebal. Komposisi bagian atas semacam itu menurutnya bisa memberi ruang lebih bagi otot kaki untuk berkontraksi hingga berelaksasi terutama ketika berlari. Seluruh bahan pembuatan adidas The Grit mengandalkan bahan yang bisa didaur ulang untuk mendukung visi penyelamatan lingkungan hidup.

Sepatu adidas The Grit sejauh ini masih berstatus konsep dan perlu pengembangan lebih jauh untuk memenuhi kebutuhan produksi massal. Selain itu, adidas berencana akan membawa konsep ini untuk sepatu basket karena dianggap bisa jadi cikal bakal bantalan sepatu yang baik bagi pebasket. Lagi-lagi penelitian lebih jauh harus mereka lakukan hingga menemukan padanan terbaik.

Foto: Stella Kalinina / DeZeen. Design Milk

Komentar