IBL

Cina Taipei perkasa di babak penyisihan Grup C Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Mereka berhasil menundukkan Hong Kong, 98-67, di GBK-Hall Basket, 20 Agustus 2018. Hasil ini sekaligus membuat Hong Kong kehilangan peluang untuk lolos ke babak kedua.

Cina Taipei menggunakan formasi yang sama saat mengalahkan Jepang, 71-65, 14 Agustus lalu. Kepala Pelatih Charles Henry Parker dari Amerika Serikat menurunkan Chen Ying-chun, Liu Cheng, Chen Kuan-chun, Chou Po-chen dan Douglas Creighton. Mereka berhasil menjalankan misinya dengan baik. Cina Taipei unggul 45-23 di babak pertama. Liu Cheng mencetak 13 poin selama dua kuarter awal.

Hong Kong seperti hilang kepercayaan diri di kuarter ketiga. Mereka banyak melakukan kesalahan yang berakibat fatal. Enam turn over Hong Kong dimanfaatkan Cina Taipei untuk menambah 10 poin. Kuarter ketiga berakhir dengan skor 75-42 untuk keunggulan Cina Taipei. Kemudian Hong Kong mencetak 25 poin di kuarter keempat. Tapi jumlah tersebut belum cukup untuk mengejar defisit poin.

Liu Cheng menutup laga dengan mencetak 21 poin, diikuti Chen Kuan-chuan (14 poin), Hu Long-mao (12 poin) dan Chen Ying-chun (10 poin). Cina Taipei mengunci tiket ke babak delapan besar. Mereka tinggal memenangkan satu laga, melawan Qatar, 25 Agustus, agar bisa menduduki puncak klasemen Grup C.

Sementara itu, Hong Kong sudah tidak punya harapan lolos. Mereka berada di dasar klasemen setelah kalah dua pertandingan. Sebelum kalah dari Cina Taipei, Hong Kong menyerah 80-90 dari Qatar. Lawan selanjutnya untuk Hong Kong adalah Jepang. Tim Jepang akan bermain dengan delapan orang saja. Sebab empat pemain sudah dipulangkan ke negaranya karena tersangkut kasus prostitusi. (*)

Foto: Mei Linda Wardani

Komentar