IBL

Australia menunjukkan dominasinya di ajang FIBA U18 Asian Championship 2018. Mereka menjuarai turnamen ini dengan rekor kemenangan sempurna, sejak babak penyisihan hingga final. Ini merupakan gelar pertama Australia sejak mereka bergabung dengan Zona Asia.

Australia dan Selandia Baru untuk pertama kalinya tampil di FIBA U18 Asian Championship. Ini merupakan program Dewan Pusat FIBA yang menggabungkan negara dari Zona Oceania ke Zona Asia pada tahun 2016 silam. Penggabungan ini berlaku untuk semua turnamen FIBA seperti Asia Cup dan FIBA World Cup Qualifications.

Kedatangan Australia membuat tim-tim dari Asia harus bekerja lebih keras lagi. Terbukti di turnamen ini, Australia dan Selandia Baru yang berhadapan di partai final. Akhirnya, Australia menjadi juara lewat kemenangan 72-63, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Boomers muda ini menunjukkan permainan menawan selama turnamen. Mereka menjadi juara grup C dengan mengalahkan Selandia Baru, Bahrain dan Thailand. Kemudian di babak perempat final, Australia menang 88-52 atas Jepang. Selanjutnya di semifinal, Filipina menjadi korban keperkasaan Australia. Australia menghajar Filipina dengan skor 77-43. Di final, Australia membuktikan bahwa mereka lebih perkasa dengan mengalahkan Selandia Baru untuk kedua kalinya.

Tiga pemain Australia tampil luar biasa selama turnamen. Mereka adalah Sean Matthew MacDonald, Samson James Froling dan Kyle Finlayson. Sean menjadi pendulang poin terbanyak dengan 16,0 poin per pertandingan, lalu Samson menjadi pemain terbaik dengan torehan 14,2 poin, 9,0 rebound, 2,0 blok dan 1,7 asis per laga. Selanjutnya, Kyle menghasilkan 13,0 poin dan 10,2 rebound per pertandingan.

Sementara itu, Cina bisa menyelesaikan misinya dengan menempati peringkat ketiga setelah menang 76-57 atas Filipina. Berikut daftar peringkat FIBA U18 Asian Championship 2018:

1. Australia
2. Selandia Baru
3. Cina
4. Filipina
5. Jepang
6. Iran
7. Bahrain
8. Korea Selatan
9. Taiwan
10. Lebanon
11. India
12. Indonesia
13. Kazakhstan
14. Thailand
15. Suriah
16. Uni Emirat Arab

Foto: fiba.com

Komentar