IBL

Indonesia kembali menelan kekalahan di Kejuaraan Asia U18 FIBA U18 Asian Championship, di Thailand. Di laga kedua babak penyisihan grup A, Indonesia menyerah 53-86 atas Jepang, Senin, 6 Agustus 2018. Dengan hasil ini, kesempatan Indonesia melaju ke babak playoff belum tertutup. Syaratnya, mereka harus menang melawan Kazakhstan, Selasa, 7 Agustus 2018.

Pada pertandingan melawan Jepang, Indonesia kembali terlambat panas. Tim asuhan Andika Supriadi Saputra itu hanya mampu mencetak 22 poin di babak pertama. Sebaliknya, Jepang semakin nyaman memimpin laga karena unggul 33 poin (45-22).

Di kuarter ketiga, Indonesia mencoba bangkit. Hasilnya, Indonesia bisa mencetak 22 poin. Tetapi di kuarter terakhir, Indonesia hanya mampu menambahkan sembilan poin saja. Sementara Jepang selama dua kuarter akhir mencetak 46 poin. Skor akhir 86-53 untuk Jepang menutup pertandingan ini.

Kali ini Indonesia sudah tidak lagi bermasalah dengan akurasi tembakan dan rebound. Mereka bahkan bisa mengimbangi permainan Jepang di bawah ring. Hanya saja, kecepatan pemain Jepang membawa pertaka bagi Indonesia. Dari 17 turn over yang dilakukan pemain Indonesia, Jepang bisa membuat 19 poin. Kemudian, Jepang juga berhasil mencetak 15 poin dari serangan cepat atau fast break.

Nickson Damara Gosal berhasil menorehkan dobel-dobel dengan 11 poin dan 11 rebound. Lalu dua pemain lain yang mencetak digit ganda untuk Indonesia yaitu Aldy Izzatur Rachman (14 poin) dan Yesaya Alessandro Michael (13 poin).

Sementara itu, tim Jepang lebih merata dalam produktifitas poin. Semua pemain Jepang menyumbangkan poin di laga ini. Namun ada tiga pemain yang bisa mencetak poin dengan digit ganda. Mereka adalah Keisei Tominaga (17 poin), Yuki Kawamura (11 poin), Fumiya Ilo (10 poin). Keisei Tominaga memang luar biasa, ia mencetak 17 poin dengan menit bermain selama 15 menit. Ia memasukkan lima dari 10 tembakan tripoin.

Kesempatan Indonesia lolos ke babak berikutnya masih terbuka. Sebab, dari babak penyisihan grup akan diambil tiga tim teratas. Indonesia masih menyisakan satu pertandingan melawan Kazakhstan, Selasa, 7 Agustus 2018. Bila Indonesia menang, maka akan berhadapan dengan Cina atau Filipina.(*)

Foto: fiba.com

Komentar