IBL

LeBron James belum sekalipun membela Los Angeles Lakers namun ia sudah sibuk dengan pekerjaan sampingannya sebagai produser film di Hollywood. Yang terbaru, Ia sepakat memproduseri tiga film dokumenter bersambung berjudul “Shut Up and Dribble”. Film itu dibuat sebagai motivasi atlet afro-amerika untuk menunjukkan kontribusi mereka di ranah politik.

Film “Shut Up and Dribble” sekaligus sebagai sentilan untuk Laura Ingraham yang menanggapi suara LeBron James dengan kalimat itu. Pada Februari 2018, Golden State Warrior menolak undangan ke White House untuk merayakan juara. LeBron memberi dukungan terhadap keputusan tim yang mengalahkannya di laga final itu. Namun, di siaran langsung FOX News, Ingraham menyebut apa yang dilakukan James itu tidak semestinya dilakukan. Ingraham menyarankan pemain berjuluk The King untuk diam dan bermain basket saja (shut up and dribble). Pasca tanggapan itu, James memberi berbagai tanggapan balasan di media sosial. Bisa jadi, pembuatan film ini jadi yang terbesar.

Gotham Chopra didapuk menjadi sutradara. Di ranah ini, ia sudah punya catatan apik. Ia sebelumnya berkontribusi terhadap film dokumenter berjudul “Kobe Bryant’s Muse”. Maverick Carter selaku produser eksekutif akan membantu James dalam meramu segala kebutuhan film.

“Bila atlet tidak punya hak untuk bersuara, maka ‘Shut Up and Dribble’ akan menjelaskan komplesitas fenomena itu sedari masa lalu hingga sekarang,” kata David Nevins, CEO saluran televisi berbayar Showtime. Nevins telah menyetujui bahwa film karya James ini akan ditayangkan perdana di sana. Menurutnya, James memiliki padanan tepat untuk bersuara memanfaatkan popularitasnya sebagai atlet. Kombinasi LeBron James, Maverick Carter, serta Gotham Chopra diharapkan menghadirkan ajakan persuasif satir kepada penonton agar lebih vokal terhadap sesuatu.

Salah satu bisnis sampingan LeBron James adalah rumah produksi SpringHill Entertainment. Melalui SpringHill, James menyalurkan hasrat besarnya di dunia produksi perfilman. Karyanya pun dipuji banyak pihak. Diantaranya adalah “Rise Up: The Movement that Changed America”yang ditayangkan di History Channel serta “Student Athlete” yang ditayangkan di HBO Sports. Ia juga pernah bermain film di beberapa film berskala internasional dari Hollywood seperti More Than a Game (2008) dan Trainwreck (2015). James juga jadi pengisi suara film Square Roots: The Story of Spongebob Square Pants (2009) dan Smallfoot (2018).

Foto: Phil Long/Associated Press

Komentar