IBL

Saskatoon Masters dua tahun belakangan menjadi tempat menguntungkan bagi tim Novi Sad (Serbia). Tim 3x3 nomor satu dunia tersebut berhasil menjadi juara di Seri Pembuka FIBA 3x3 World Tour atau Tur Dunia 2018. Novi Sad mengulang sukses di musim lalu dengan menjuarai Saskatoon Masters 2017.

Pemain terbaik (Most Valuable Player) Dusan Domovic Bulut mencetak poin di laga final melawan Liman Tesla Voda (Serbia). Duel sesama tim Serbia itu berakhir dengan kemenangan Novi Sad (20-18). Sementara itu, pemain 3x3 peringkat satu dunia, Dejan Majstorovic menyumbangkan delapan poin. Ia juga mencetak poin terbanyak selama turnamen dengan 35 poin.

Kemenangan di Saskatoon Masters sangat melegakan bagi tim Novi Sad. Sebab mereka sempat terseok-seok di awal musim. Dari empat Challenger awal yang diikuti, Novi Sad selalu gagal mendapatkan tiket ke Tur Dunia. Tapi dengan segala upaya, akhirnya mereka bisa tampil di Tur Dunia.

Baca Juga: Persaingan Ketat, Novi Sad Belum Punya Tiket ke FIBA 3x3 World Tour Masters

Menurunnya penampilan Novi Sad akhir-akhir ini karena cedera yang dialami Marko Dzero. Hingga di gelaran FIBA 3x3 Piala Dunia 2018, Dzero harus digantikan Stefan Stojacic. Perubahan tersebut tidak berpengaruh pada penampilan. Timnas Serbia tetap mempertahankan gelar juara dunia.

Baca Juga: Serbia Digdaya, Juara Piala Dunia 3x3 (Lagi)

Di Saskatoon Masters tahun ini tiba-tiba ada kabar yang menggembirakan. Dzero bisa tampil dan bergabung dengan Novi Sad. Mereka dominan dengan memenangkan lima pertandingan sejak babak penyisihan hingga final. Novi Sad mengalahkan Winnipeg (19-14), Princeton (21-8), Old Montreal (21-11), Saskatoon (21-15), dan Liman (20-18).

Selanjutnya, tim-tim 3x3 terbaik dunia akan bergeser ke Jepang. Mereka akan bersaing di Utsonomiya Masters, Jepang pada 28 hingga 29 Juli 2018.

FIBA 3x3 Tur Dunia merupakan ajang pertarungan para jawara 3x3 dengan membawa nama kota masing-masing. Boleh dibilang, ini merupakan kompetisi paling bergengsi untuk tim 3x3 profesional seluruh dunia. Tahun ini menjadi edisi ketujuh dari ajang yang mempertandingkan tim 3x3 profesional dari seluruh dunia tersebut. Ada sembilan Seri Masters dan satu Seri Final di Beijing yang menjadi rangkaian Tur Dunia tahun ini. Sembilan Seri Masters tahun ini yaitu Saskatoon Masters (21-22 Juli), Utsonomiya Masters (28-29 Juli), Prague Masters (4-5 Agustus), Lausanne Masters (24-25 Agustus), Debrecen Masters (30-31 Agustus), Mexico City Masters (8-9 September), Hyderabad Masters (22-23 September), Chengdu Masters (29-30 September) dan Kuala Lumpur Masters (13-14 Oktober). Sedangkan untuk Seri Final akan berlangsung di Beijing (27-28 Oktober).(*)

Foto: fiba.com

Komentar