IBL

Tim nasional basket Indonesia U18 akan segera terbang ke Nonthaburi, Thailand untuk mengikuti Kejuaraan FIBA U18 Asia yang akan berlangsung 5 hingga 11 Agustus 2018 mendatang. Indonesia akan bersaing dengan 15 negara peserta. Di babak penyisihan, Indonesia bergabung di grup B bersama Iran, Jepang dan Kazakhstan.

Stadium 29, Thailand akan kembali menjadi saksi pertarungan tim nasional negara-negara di kawasan Asia. Ada 16 negara yang ikut pada penyelenggaraan tahun ini. Setelah dilakukan pengundian pada 6 Juli lalu, maka 16 negara tersebut sudah memastikan lawan-lawannya di babak penyisihan grup. Berikut pembagian grupnya:

Sistem pertandingan yang digunakan adalah setengah kompetisi. Di babak penyisihan grup, empat tim akan berebut menjadi juara grup. Masing-masing juara grup akan bertarung di babak perempat final. Dari perempat final hingga final menggunakan sistem gugur.

Indonesia berada di grup A bersama juara bertahan, Iran. Kemudian ada Jepang yang kini menduduki rangking 27 di FIBA dan Kazakhstan yang saat ini ada di peringkat 52.

Untuk Kejuaraan FIBA U18 Asia punya aturan yang istimewa. Setiap negara boleh mendaftarkan 24 pemain. Mereka bisa kapan saja melakukan pergantian pemain di tengah-tengah kompetisi. Asalkan mereka sudah terdaftar dalam 24 nama tersebut. Berikut 24 pemain timnas basket U18 Indonesia yang didaftarkan untuk Kejuaraan Asia:

1. Sadat Fathoni
2. Yesaya Alessandro Michael
3. Aldy Izzatur Rachman
4. Ali Bagir Alhadar
5. Ronald Firdaus Puadawe
6. Harits Prasidya Widyadana
7. Argus Sanyudy
8. Nickson Damara Gosal
9. James Patrick
10. Andrew William Lensun
11. Kelvin Sanjaya
12. William Rivaldi Kosasih
13. Mekhail Fidel Afloubun
14. Ammar Aziz
15. Jovi Paolo Christiano
16. William Hardi Dinata
17. Alexander Franklyn
18. Gregorius Kristian Linduaji
19. Azriel Ralie
20. Naufal Alfio Rizq
21. Darryl Sebastian
22. Bangun Subhan
23. Anthony William
24. Bernando Zudhistira
Kepala Pelatih: Andika Supriadi Saputra
Asisten Pelatih: Wahyu Budi Santoso

Pada gelaran tahun 2016 di Iran, Indonesia kalah lima pertandingan beruntun. Indonesia finis di peringkat terakhir dari 12 peserta. Saat itu, tim Indonesia dipimpin oleh Kepala Pelatih Ali Budimansyah.

Untuk tahun ini, dipastikan kompetisi semakin berat. Sebab ada tambahan empat negara baru yaitu Australia dan Selandia Baru dari Zona Oceania. Lalu ada Bahrain dan Uni Emirat Arab yang menduduki peringkat teratas saat kualifikasi Zona Timur Tengah.(*)

Jadwal Penyisihan Grup Kejuaraan FIBA U18 Asia 2018:

Foto: Dika Kawengian

Komentar