IBL

Tim asal Filipina, Blackwater Elite melanjutkan dominasi di ajang Pacific Caesar 50th Anniversary Pro Tournament. Tim asuhan Ramos Geraldo Vilallon ini sudah mengumpulkan empat kemenangan di turnamen yang diikuti enam peserta tersebut. Rabu, 10 Juni 2018, Blackwater menang 83-44 atas Garuda Bandung.

Shej Roi Sumang menjadi pendulang poin terbanyak dengaan 20 poin. Disusul John Paul Erram dengan 17 poin, serta Allein Maliksi yang menyumbangkan 13 poin. Di kubu Garuda, hanya Reza Fahdani Guntara yang mampu mencetak 17 poin.

Dari catatan statistik, Blackwater unggul 32-10 atas Garuda dalam hal produktifitas poin di area lubang kunci. Kemudian, Blackwater juga mampu memasukkan 24 poin dari kesalahan 20 turn over yang dilakukan Garuda. Momentum kekalahan Garuda terlihat di kuarter kedua, saat Blackwater mampu memasukkan 12 poin beruntun (47-21). Kemudian di kuarter keempat, mereka bisa memperlebar jarak hingga 41 poin (83-42).

Kemenangan ini membuat Kepala Pelatih Bong Ramos semakin yakin bisa membawa pulang gelar juara. Sebab kini mereka tinggal menghadapi tuan rumah Pacific Caesar (11 Juli 2018), lalu setelah itu berlaga di partai puncak (12 Juli 2018).

"Tentu saja, saya ingin juara di Surabaya. Pemain saya bermain bagus hari ini. Tetapi saya juga harus menghemat tenaga untuk dua pertandingan tersisa," ucapnya. "Kami akan menyiapkan strategi untuk menghadapi Pacific Caesar."

Bong Ramos merasa bahwa turnamen kali ini sangat berat. Sebab timnya harus bermain terus menerus selama enam hari. Tetapi ini bagus, karena bisa melakukan rotasi pemain. Bila melihat persaingan saat ini, Bong Ramos meramalkan bila timnya akan berhadapan dengan BBM Vikings Warriors. Syaratnya, tentu saja BBM harus menang melawan Stapac Jakarta.

"Stapac mantan tim saya. Saya yakin dengan pemain-pemainnya, tapi untuk turmanen ini, mereka kekurangan pemain. Terutama di sisi dalam. Tidak ada Thoyib dan Liem yang cedera. Selain itu Ruslan juga masih cedera. Saya rasa akan sulit untuk menghadapi BBM," katanya. "Tetapi sekali lagi, bola itu bulat. Apapun bisa terjadi. Yang pasti, kami akan fokus menghadapi dua pertandingan tersisa."

Hingga saat ini, hanya Blackwater yang sudah mengumpulkan poin sempurna. Tuan rumah Pacific Caesar, Stapac Jakarta dan BBM Vikings, sama-sama pernah kalah. Artinya, persaingan memperebutkan tempat kedua semakin sengit. Bila Blackwater menang atas Pacific besok, maka mereka tinggal menunggu lawan di partai puncak.(*)

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar