IBL

Blackwater Elite, klub asal Filipina, bertandang ke Surabaya untuk mengikuti Pacific Caesar 50th Anniversary Pro Tournament. Di hari pertama, mereka bertemu dengan klub lokal BBM Vikings Warriors. Pada kesempatan itu, mereka pun menang 86-57 di GOR Pacific Caesar, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 7 Juli 2018.

Mihael Di Gregoria menjadi pencetak angka terbanyak untuk Blackwater dengan 21 poin. John Paul Erram menyusul dengan 12 poin dan Allein Maliksi menyumbang 11 poin. Sementara itu, Henry Walker merebut 19 bola pantul dan 4 steal meski hanya mencetak 7 poin.

Di pihak lain, BBM bertumpu pada perolehan poin kedua pemain asing mereka. Okasue Udun mencetak dobel-dobel 20 poin dan 15 rebound. Terrel Carter III melakukan hal serupa dengan 17 poin dan 10 rebound.

Di sepanjang laga, Blackwater menguasai permainan karena terus-terusan unggul. Mereka sudah memimpin sejak kuarter pertama lewat serangan cepat yang sedikitnya berbuah 6 dari total 20 poin yang mereka ciptakan saat itu. BBM hanya bisa mencetak 12 poin.

Blackwater terus berada di atas angin di kuarter dua. Mereka menambahkan 15 poin lagi yang di antaranya dicetak Maliksi. Sang pemain mencetak sembilan poin di kuarter itu sehingga Blackwater memulai kuarter selanjutnya dengan keunggulan lagi. Apalagi BBM bermasalah dengan pemain pengganti mereka yang tidak bisa menyumbang poin di tiga kuarter awal.

Pemain pengganti BBM baru bisa mencetak poin di kuarter akhir. Mereka menciptakan 12 poin sementara Blackwater sudah mengumpulkan 37 selama pertandingan. Pemain lokal BBM bahkan tidak ada yang mencetak lebih dari enam poin. Secara keseluruhan, akurasi mereka pun tertahan di angka 33,3 persen.

Dengan demikian, Blackwater pun memenangkan pertandingan karena akurasi yang lebih baik (47,8 persen) dan rotasi pemain yang bisa berkontribusi.

Selanjutnya, Blackwater akan menghadapi Stapac Jakarta besok di tempat yang sama.

Foto: Wisnu Wibowo/Pacific Caesar Surabaya

Komentar