IBL

BBM Vikings Warriors melakoni pertandingan kedua mereka dengan melawan Flying Wheel Makassar di Pacific Caesar 50th Anniversary Pro Tournament. Tidak seperti kemarin, BBM kini berhasil memenangkan pertandingan 88-78 di GOR Pacific Caesar, Surabaya, Jawa Timur, Minggu 8 Juli 2018. Itu merupakan kemenangan pertama mereka dari dua pertandingan.

Okasue Udun, pemain asing BBM, lagi-lagi menjadi pencetak angka terbanyak timnya. Hari ini ia mengumpulkan dobel-dobel 31 poin dan 18 rebound. Terrel Carter II lalu menambahkan 18 poin, 18 rebound plus 3 blok. Pemain lokal Dimas Dewanto dan Yo Sua memberi masing-masing 12 dan 11 poin.

Sementara itu, Flying kembali bertumpu pada pemain asing mereka: Jarron Crump dan Anthoni Adam. Keduanya sama-sama menyumbang 31 poin di pertandingan ini. Bedanya, Crump menambahkan 7 asis ketika Adam merebut 15 bola pantul. Sayang, perolehan itu tidak juga cukup membuat mereka memenangkan pertandingan meski di awal lagi menunjukkan persaingan sengit.

BBM hanya unggul lima poin (22-17) di kuarter pertama. Hal itu terjadi karena Flying Wheel berhasil menjaga jarak skor dengan margin sempit melalui dua pemain asing mereka. Klub asal Makassar itu bahkan hampir membalikkan keadaan di kuarter dua. Namun, BBM mampu bertahan dengan memimpin tiga poin (39-36).

Ketika BBM terus menjaga asa, Flying Wheel tampak berusaha mencetak lebih banyak angka. Sayangnya, pemain lokal kesulitan untuk mendulang poin. Mochtar Malewa, misalnya, hanya mampu mencetak enam poin—angka terbanyak di antara pemain lokal. BBM pun kembali melebarkan keunggulan dengan 60-54 di kuarter tiga.

Di sisa kuarter, Flying tampak kehabisan bensin. BBM—yang diperkuat dua asing dan bekas pemain profesional—terus menambah angka sehingga menang dengan 10 poin. Padahal, menurut, Pelatih Heru Widianto, timnya masih belum terbiasa main bersama. Mereka bahkan masih bermasalah dalam bertahan.

“Saya kira tim ini masih kurang dalam defense,” ujar Heru usai pertandingan. “Kami masih kurang dalam hal defense dan komunikasi. Mereka (Flying Wheel) masih bisa menembus. Padahal dengan materi pemain kami, harusnya bisa lebih baik.”

Dengan adanya masalah itu, Heru pun ingin anak-anak asuhnya memperbaiki pertahanan dan komunikasinya di sisa turnamen.

Selanjutnya, BBM akan menghadapi tuan rumah Pacific Caesar Surabaya besok.    

Foto: Yoga Prakasita

Komentar