IBL

Kualifikasi FIBA Asia Champions Cup 2018 untuk wilayah Asia Tenggara SEABA akan dimulai besok, Selasa, 8 Mei. Empat peserta akan bertanding yaitu Pelita Jaya Basketball Club (Indonesia), Red Baron (Malaysia), Mono Vampire Basketball Club (Thailand) dan Xin Hua Sports Club (Singapura). Tim terakhir memang belum begitu dikenal penggemar basket di Indonesia. Tapi calon lawan patut waspada, sebab Xin Hua merupakan juara Divisi 1 National Basketball League (NBL) Singapura.

Cabang olahraga basket menjadi pengembangan perusahaan olahraga Xin Hua. Tim basket ini diresmikan tahun 2016 lalu. Meski tergolong tim baru, mereka sudah berhasil meraih juara di NBL Singapura pada musim kompetisi 2017. Di partai final, Xin Hua mengalahkan Salfa Basketball Club dengan skor 76-61. Pemain bintangnya, Mitchell Folkoff mencetak 13 poin dan 12 rebound. Baru-baru ini, Xin Hua juga menjuarai turnamen Kluang Basketball Invitation 2018. Pada turnamen tersebut Xin Hua memakai jasa pemain asing asal Amerika Serikat, Xavier Alexander.

Prestasi mentereng tersebut didapat karena Xin Hua diperkuat pemain basket timnas Singapura. Mereka adalah Foo Ce Xian, Han Xingyuan dan Kenneth Low. Han dan Low merupakan pemain timnas Singapura di FIBA Asia Challenge 2014, Wuhan, Cina. Sedangkan Foo pernah bermain di SEABA U18 tahun 2014.

Dengan kekuatan lokal yang mumpuni, Xin Hua siap merebut salah satu tiket ke Road to Final 8 East Asia. Mereka akan mengandalkan Folkoff untuk mencetak angka. Karena, seperti yang dilansir fiba.com, kepala pelatih Han Lijun mengatakan timnya tidak akan diperkuat Xavier Alexander di Kualifikasi FIBA Asia Champions Cup kali ini. Folkoff dan Alexander sebelumnya memperkuat Singapore Slingers di ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018.

Kualifikasi FIBA Asia Champions Cup 2018 wilayah Asia Tenggara akan berlangsung di Nonthaburi, Thailand, pada 8 hingga 10 Mei. Turnamen ini menjadi pintu masuk ke FIBA Asia Champions Cup 2018. Tahun ini, turnamen antar klub se-Asia tersebut akan berlangsung di Cina, 25 hingga 30 September.(*)

Foto: Basketball Association of Singapore

Komentar