IBL

FIBA Asia Champions Cup 2018 SEABA Qualifier akan berlangsung di Nonthaburi, Thailand, pada 8 hingga 10 Mei 2018. Pelita Jaya Basketball Club menjadi wakil Indonesia di kompetisi ini. Tetapi setelah adanya kesepakatan klub dan Perbasi, maka yang berangkat ke turnamen tersebut adalah pemain-pemain untuk proyeksi Timnas Indonesia di Asian Games 2018.

Kepala pelatih Timnas Indonesia, Fictor Gideon Roring membenarkan kabar tersebut. Pihak klub sudah mengizinkan bahwa turnamen tersebut menjadi bagian dari program pemusatan latihan Timnas Indonesia untuk Asian Games 2018 setelah 18th Asian Games Invitation Tournament, bulan Februari lalu.

"Kami sudah memanggil 14 pemain yang akan mengikuti seleksi. Setelah itu, akan dipilih 10 pemain yang berangkat ke Thailand mengikuti FIBA Asia Champions Cup SEABA Quilifier. Kami sengaja mengirim pemain timnas, tetapi tetap atas nama klub Pelita Jaya," ucap Coach Ito, panggilan akrab Kepala Pelatih Timnas Indonesia.

Indonesia berhasil menjuarai 18th Asian Games Invitation Tournament, setelah menundukkan India sebagai lawan terberat, 78-68, 13 Februari 2018. Ada 12 pemain yang saat itu memperkuat timnas Indonesia. Dari nama-nama tersebut, ternyata ada tiga nama yang tidak dipanggil mengikuti seleksi FIBA Asia Champions Cup SEABA Quilifier. Berikut daftar nama pemain yang dipanggil seleksi Timnas Indonesia, 25 April 2018:

"Kenapa hanya 10 pemain saja, karena kami berencana memasukkan dua pemain asing. Saat ini Manajer Timnas sedang ada di luar negeri untuk mencari pemain asing yang akan ikut kami berlaga di Thailand. Saya harap secepatnya, karena waktu hanya tinggal dua minggu lagi. Pemain asing tersebut akan jadi pertimbangan kami ke depan. Apakah bisa dinaturalisasi atau tidak," imbuh Coach Ito.

FIBA Asia Champions Cup 2018 SEABA Qualifier menjadi pintu masuk FIBA Asia Champions Cup atau kompetisi antar-klub se-Asia. Kompetisi babak utama ini akan berlangsung di Cina, 25 hingga 30 September 2018. Akan ada 10 tim dari enam zona pembagian wilayah Asia.

Untuk zona Asia Tenggara akan ada empat tim yang bertarung yaitu Pelita Jaya Basketball Club dari Indonesian Basketball League (Juara IBL 2016-2017), Mono Vampire Basketball Club dari Thailand Basketball League (TBL), Red Baron dari StatSports League (SSL) Malaysia, serta Xin Hua Sports Club dari Divisi 1 National Basketball League (NBL) Singapura.

Berikut jadwal lengkap FIBA Asia Champions Cup 2018 SEABA Qualifier:

Foto: Hariyanto

Komentar