IBL

Setelah FIBA memutuskan trio Indonesia-Filipina-Jepang sebagai tuan rumah Piala Dunia 2023, kans Indonesia untuk terlibat di gelaran akbar itu semakin terbuka. Perbasi pun memanggil sejumlah nama untuk mengikuti seleksi pembentukan tim nasional U-18 putra dan program pencarian bakat untuk Piala Dunia.

Dengan menyebarnya surat Perbasi nomor 007/I/PP/2018 (Revisi) yang ditujukan kepada pengprov DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Riau, mereka memanggil 33 nama pemuda untuk kumpul di Tangerang Selatan, Banten. Nama-nama itu diharapkan bisa mengikuti seleksi yang digelar pada 13-14 Januari 2018 di The Hawk Basketball Court, Taman Tekno, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

 

Menurut Alvin Indra, pengurus PP Perbasi, seleksi tersebut lebih menitikberatkan pada penyaringan pemain untuk SEABA dan FIBA Asia tahun ini. Akan tetapi, karena Piala Dunia 2023 juga sama pentingnya, persiapan untuk itu juga bisa dimulai dari sekarang. Oleh karena itu tidak heran Perbasi memanggil 33 nama sekaligus untuk mengikuti seleksi.

“Kami juga membuka kesempatan untuk seluruh pengprov dengan mengirim tambahan maksimal tiga pemain di luar 33 nama yang dipanggil,” jelas Alvin, seperti dihubungi Mainbasket via Whatsapp, Rabu 10 Januari 2018.

Sesuai rencana, nantinya seleksi ini akan dipimpin oleh pelatih-pelatih independen dan Perbasi, termasuk eks pemain timnas, yang berjumlah lima orang. Ketua Perbasi Danny Kosasih serta jajarannya juga akan memantau langsung untuk memastikan kelancaran acara selama dua hari itu.

Berikut nama-nama peserta seleksi yang dipanggil:

Foto: Dika Kawengian

Komentar