IBL

Kualifikasi FIBA Asia Champions Cup 2018 untuk wilayah Asia Tenggara akan berlangsung di Nonthaburi, Thailand, pada 8-10 Mei mendatang. Salah satu dari empat kontestannya adalah Red Baron Malaysia. Tim ini diperkuat beberapa pemain nasional Malaysia serta pemain asing berkualitas.

Red Baron akan bersaing melawan Pelita Jaya Basketball Club, Singapura Xin Hua SC dan Mono Vampire Basketball Club. Berbekal pemain-pemain terbaik, Red Baron berusaha mendapatkan salah satu tiket ke FIBA Asia Champions Cup di Cina bulan September nanti.

Red Baron kali ini diperkuat oleh pemain tim nasional Malaysia yang tampil di FIBA Asia Cup 2013 Manila yaitu Gan Hong Hoong dan Wong Wee Seng. Pada turnamen tersebut, Gan mengoleksi rata-rata 7,5 poin dan 2,2 rebound. Sedangkan Wong mencetak 1,5 poin dan 1,2 rebound per laga.

Kemudian ada mantan pemain timnas muda Malaysia, Tan Wei Jie, Chang Zi Feung dan garda utama Lim Jian Yu. Tan pernah tampil di FIBA Asia U16 tahun 2013 dan mencetak 10,3 poin per laga. Kemudian Chang adalah pemain timnas Malaysia di FIBA U18 Asia Championship tahun 2014 yang mencatatkan rataan 3,6 poin. Bakat muda yang menjanjikan lainnya adalah Lim Jian Yu. Ia bermain di timnas U16 Malaysia pada tahun 2015.

Tim ini juga diperkuat dua pemain asing, Daniel Eves dan Joey Luis De La Rosa. Eves (34 tahun) bergabung dengan Red Baron di Malaysia StatsSports League Season 7 tahun 2017. Pemain asli Kanada dengan tinggi 2,00 meter tersebut mencetak 31,2 poin dan membuat tim ini memenangkan gelar juara. Red Baron juga akan memainkan forwarda setinggi 2,1 meter asal New York, Joey Luis De La Rosa. Sebelum bergabung dengan tim Malaysia, ia pernah bermain di tim San Carlos, Republik Dominika.

Seperti dilansir fiba.com, Red Baron mengincar posisi dua teratas di Thailand nanti. Mereka ingin melaju ke babak "Road to Final 8 East Asia". Di babak tersebut, tim dari Taiwan dan India sudah menunggu. Tim peringkat teratas akan berlaga di FIBA Asia Champions Cup 2018.(*)

Foto: Malaysia Basketball Association

Komentar