IBL

Di saat semua merek berlomba membuat sepatu basket dalam ruang terbaik, AND1 justru sudah melakukannya sejak lama. Sayangnya, mereka mengalami hiatus sejak 2008. Namun, mereka dikabarkan akan kembali ke ranah basket jalanan (streetball). Momentum spesial akan dirayakan dengan merilis seri terbaru, AND1 Attack Low.

Setelah dijual ke pemilik modal pada 2005, AND1 sempat jadi merek yang menghias rak-rak sepatu dengan harga terjangkau. Namun, hal itu justru membuat pamor AND1 sebagai sepatu basket luar ruang eksklusif menurun. Strategi tersebut malah membuatnya mengalami penurunan signifikan hingga akhirnya memutuskan untuk beristirahat sejenak tanpa mengumumkan kapan kembali ke ranah basket jalanan.

Kini, AND1 kembali untuk merilis sepatu yang dapat mengingat kejayaan mereka belasan tahun silam. Bagian paling mencolok dari sepatu ini datang dari solnya. AND1 memasang sol tebal berteknologi bantalan Harmony RX hasil penelitian mereka. Sementara itu, bagian atas sepatu tetap menampilkan sosok sepatu yang gemuk.

AND1 pada sepatu ini juga tampak menggunakan bahan nilon rajut (mesh) dan kulit sintetis di bagian punggung sepatu untuk meningkatan performa. Kabarnya, hal ini dilakukan untuk menghemat bobot sepatu yang juga berguna sebagai ventilasi. Dari desain itu, mereka menjanjikan ketahanan ekstra serta daya pakai lebih lama dari sepatu basket luar ruang pada umumnya.

AND1 Attack Low tampaknya akan jadi senjata ampuh menarik perhatian konsumen mereka. Sejauh ini belum ada sepatu lain yang dikenalkan AND1 ke publik.

Untuk menyemarakan perilisan sepatu ini, AND1 pun telah mengirim sepasang sepatu kepada Sean Killpatrick, garda Chicago Bulls, untuk digunakan saat bertanding. Kabarnya, sepatu ini dijual dengan harga AS$90. Harga itu lebih murah dari sepatu basket tenar belakangan ini seperti Nike LeBron 15, adidas Harden Vol. 2, maupun Under Armour Curry 4.

Bagi penikmat basket jalanan, AND1 menjadi salah satu merek tersohor di dunianya. Mereka punya strategi pemasaran dan memang mengkhususkan diri di olahraga tersebut. Mereka bahkan punya episode khusus berjudul AND1 Mixtape Tour yang ditayangkan ESPN sejak 1998. Program ini dibintangi pebasket jalanan nomor wahid sekaliber Rafer “Skip to My Lou” Alston, Waliyy “Main Event” Dixon, Grayson “The Professor” Boucher, Philip “Hot Sauce” Champion, Robert “50” Martin, dan Aaron “AO” Owens. Musim ke-10 tayangan ini pada 2008 sekaligus jadi tayang terakhir sebelum akhirnya AND1 memutuskan untuk rehat dari dunia basket jalanan.

Dengan kembalinya AND1 ini, para pebasket kini bisa mendapat lebih banyak pilihan sepatu basket. Bagi penikmat basket era 2000-an awal, khususnya pecinta AND1, boleh jadi bisa mengobati kerinduan mereka kepada merek ini.

Foto: We Are Testers

Komentar