IBL

Tim basket putri Galatasaray (Turki) keluar sebagai juara EuroCup Women 2018. Di babak final yang menggunakan sistem selisih poin dalam dua pertandingan, Galatasaray unggul 15 poin, 155-140 atas Reyer Venezia (Italia). Ini merupakan gelar juara kedua bagi Galatasaray setelah mereka menjuarai turnamen yang sama tahun 2009 lalu.

Sistem selisih poin dalam dua laga sudah digunakan pada playoff EuroCup Women sejak 2006. Sebuah tim dikatakan juara apabila unggul jumlah poin di dua pertandingan. Di putaran final, Galatasaray sebenarnya mencatatkan satu kali kemenangan dan sekali kalah. Galatasaray menang 90-68 atas Venezia pada pertemuan pertama di Sinan Erdem Arena, Istanbul, 11 April lalu. Kemudian di pertemuan kedua, 18 April, Galatasaray menyerah dengan skor 65-72. Maka setelah dijumlahkan, Galatasaray unggul 15 poin (155-140) atas lawannya tersebut.

Galatasaray menjadi tim putri Turki pertama yang menjuarai kompetisi di Eropa saat mereka meraih gelar EuroCup Women 2009. Setelah itu, prestasi Galatasaray terus meningkat. Mereka menjadi juara di EuroLeague Women tahun 2014, dan sekarang kembali membawa pulang piala EuroCup Women.

"Saya sangat bangga, khususnya bisa mempersembahkan gelar juara untuk pendukung tim kami. Mereka menunjukkan dukungan yang luar biasa di pertandingan pertama, saat kami mendapat kemenangan besar di Turki. Setelah itu para pendukung juga mengikuti kami ke Italia. Saya senang, meski kami kalah di laga kedua. Kami sudah fokus untuk memenangkan pertandingan, tapi kami gagal. Yang penting bahwa kami sudah membawa pulang gelar juara," ucap senter Galatasaray, Gintare Petronyte.(*)

Foto: fiba.comĀ 

Komentar