IBL

Sejak dipatenkan Levi Strauss pada 1873, celana jeans seakan sepopuler baju hangat bertudung (hoodie) di kalangan anak muda. Warnanya yang apik serta rasa nyaman yang ditawarkan jenas jadi alasan utama orang-orang memakainya. Walau ditemukan oleh seorang berkebangsaan Amerika Serikat, Jepang memiliki seni tenun denim (bahan pembuatan jeans) yang lebih baik dari Negeri Paman Sam. Harganya pun bisa menyentuh Rp80 juta per buah.

Daerah khusus kerajinan seni tenun denim di Jepang ada di distrik Okayama, Kojima. Mereka bahkan menetapkan Okayama sebagai surganya pecinta jeans. Di sana, berjajar puluhan pengrajin tenun Jepang yang telah melakukan aktivitas ini sejak 1970-an. Bagi warga Okayama, menciptakan sandang jeans berbahan denim adalah seni, sementara menenun denim jadi keahlian yang dihargai.

Selain pengrajin tradisional, ada beberapa perusahaan besar jeans yang jadi sokoguru tenun denim. Big John, Bobson, serta Betty Smith jadi tiga merek besar yang berpusat di Okayama. Mereka menyediakan jeans denim dengan produksi massal.

Walau telah memiliki tiga perusahaan jeans besar, kiprah Okayama sebagai daerah jeans tidak akan sejauh ini tanpa kehadiran Osaka 5. Mereka adalah lima orang pemilik perusahaan jeans terbesar di Jepang yang memiliki hubungan khusus dengan pengrajin jeans Okayama. Mereka adalah Mikiharu Tsujita (Full Count), Hidehiko Yamane (Evisu), Shigeharu Tagaki (Studio D’Artisan), Yoshiyuki Hayashi (Denime), dan Shiotani Bersaudara (Warehouse). Kelima orang ini punya basis usaha di Osaka.

Kelima perusahaan denim tersebut memesan khusus jeans edisi terbatas yang mereka pasarkan ke seluruh dunia. Osaka 5 mempercayakan kebutuhan produk eksklusif ke pengrajin denim di Okayama karena rekam jejak para pengrajin yang telah mumpuni. Lewat strategi pemasaran mereka yang mumpuni, nama Okayama Denim semakin dikenal dunia terutama setelah tahun 1990.

Kini, wilayah Okayama telah ramah untuk wisatawan. Pemerintah Kojima telah menetapkan Okayama sebagai daerah wisata bertema jeans. Fasilitas pendukung pun disediakan, baik dari pemerintah maupun dari perusahaan denim di sana. Anda akan semakin dimanjakan dengan suasana yang serba biru ala denim. Bahkan, Anda bisa menemukan es krim rasa blueberry dengan warna krim yang sangat mirip dengan denim.

Kami membahasnya lebih dalam di edisi cetak Mainbasket edisi 67 atau April 2018, dengan judul artikel yang sama. Selain Okayama Denim, Anda juga bisa mendapatkan informasi lengkap tentang adidas Futurecraft 4D dan organisasi lingkungan hidup Parley for the Ocean. Segera dapatkan di toko buku kesayangan Anda, ya!

Sumber Foto: Okayama Denim

Komentar