IBL

Partai puncak basket putra National Collegiate Athletic Association (NCAA) berlangsung antiklimaks. Di hadapan 19 ribu lebih pendukung yang memadati Alamodome, San Antonio, Texas, Amerika Serikat, Villanova University tampil dominan atas University of Michigan. Sempat unggul hingga 22 poin saat paruh kedua menyisakan tiga menit, Villanova memastikan gelar juara dengan kemenangan 79-62.

Gelar ini merupakan gelar kedua Villanova dalam tiga tahun terakhir. Pada 2016 lalu, Villanova berhasil meraih gelar juara setelah mengalahkan University of North Carolina lewat tembakan saat bel berbunyi (buzzer beater) yang dilepaskan Kris Jenkins. Margin 17 poin yang dicatatkan Villanova juga membuat tim asuhan Jay Wright ini selalu mencatatkan selisih dua digit kemenangan mereka selama babak March Madness. Hanya ada tiga tim selain Villanova yang mampu melakukan hal serupa, di antaranya: Michigan State University (2000), Duke Univeristy (2001), dan North Carolina (2009).

Donte DiVincenzo tampil sebagai top skor pertandingan dengan 31 poin dan 5 rebound. Meski tercatat bermain selama 37 menit, DiVincenzo tidak memulai laga sebagai pemain utama (starter). Permainan apik pemain berambut merah ini membuatnya dianugerahi gelar Most Outstanding Player di akhir laga. DiVicenzo total memasukan 10/15 percobaan menembaknya dengan lima di antaranya berasal dari tembakan tiga angka plus 6/10 lemparan gratis.

Mikal Bridges menjadi pemain kedua yang mampu mencetak dua digit angka bagi Villanova dengan 19 poin plus 4 rebound. Jalen Brunson yang sehari sebelum laga final dianugerahi Naismith Player of the Year hanya mencetak 9 poin dan 2 rebound selama 28 menit bermain. Memasuki tahun ketiganya bersama Villanova, Brunson tampil sebagai motor tim sepanjang musim. Rata-rata ia mencetak 19,2 poin, 4,6 asis, dan 3,1 rebound per laga. Terpilihnya Brunson sebagai Naismith Player of the Year berhasil menyingkirkan nama-nama seperti DeAndre Ayton, Devonte Graham, dan Marvin Bagley III.

Dari kubu Michigan, Muhammad-Ali Abdur-Rakhman keluar sebagai top skor tim dengan 23 poin. Moritz Wagner menyusul dengan 16 poin dan 7 rebound sementara Zavier Simpson membukukan 10 poin dan 3 asis. Minimnya sumbangsih pemain cadangan Michigan membuat pertandingan berjalan timpang. Secara total hanya tercipta tujuh poin dari enam pemain cadangan Michigan.

“Saya rasa kami memainkan permainan terbaik kami di babak final,” komenter Kepala Pelatih Villanova tentang kemenangan mereka seperti dilansir Associated Press. Wright juga sempat membawa Villanova meraih gelar juara tiga tahun lalu. Pelatih berusia 56 tahun ini telah menangani tim sejak 2001. 

Foto: Villanovan.com, Bleacher Report

Komentar