IBL

Ada tiga pemain dari Villanova Univeristy yang menghuni roster New York Knicks musim ini. Mereka adalah Jalen Brunson, Josh Hart, dan Donte DiVincenzo. Mereka merupakan bagian dari Villanova Wildctas yang menjuarai NCAA 2016 di bawah asuhan pelatih Jay Wright.

Dalam podcast Beyond the Arc dari CBS Sports, Wright turut bangga atas prestasi tiro Knicks tersebut. Saat ini ketiganya membawa Knicks unggul 2-0 dari Indiana Pacers di semifinal Wilayah Timur.

Sebelum itu, Knicks tampil luar biasa dalam dua musim terakhir. Lebih tepatnya saat mereka merekrut Brunson pada 2022 dari Dallas Mavericks. Kemudian menukar Hart dari Portland Trail Blazers dan Vincenzo dari Golden State Warriors pada 2023. Knicks menjadi unggulan kedua dengan rekor kemenangan 50-32.

Terutama kepada Brunson. Sejak pindah ke New York, Brunson cemerlang. Bahkan ia sudah mendapatkan All-Star pertamanya pada musim ini. Brunson menjadi salah satu top skor Knicks dengan 35,4 poin per gim.

“Saya tidak menyangka (Brunson) akan tampil sebagus ini. Menurut saya dia akan menjadi garda di tim juara NBA karena dia adalah seorang juara. Saya sempat mengira dia bisa cocok dengan Luka Doncic dan memimpin tim ke playoff,” ungkap Wright.

Tetapi selama di Mavericks, Brunson “tertutup” oleh Doncic. Brunson lebih banyak di bangku cadangan selama tiga tahun pertama sejak menjadi terpilih di ronde kedua NBA Draft 2018. Brunson kemudian berlabuh ke New York dan itu adalah pilihan yang tepat.

“Dia menjadi pilihan utama daripada menjadi pelengkap dengan pergi ke Knicks. Dia memiliki kenangan yang baik di Dallas. Tapi (Brunson) ingin menjadi yang utama. Itu bukan keegoisan. Dia ingin memimpin dan membawa tim. Dia ingin tanggung jawab itu adalah individu yang langkah,” kata pria yang melatih Villanova pada 2001-2022 itu.

Hal yang sama juga terjadi kepada Hart dan DiVincenzo. Wright teringat selama di Villanova, Hart dan Vincenzo memiliki tripoin yang bagus. Dalam playoff 2024, Hart mencatat akurasi tripoin 43,9 persen dan DiVincenzo 42,7 persen.

“Satu hal tentang Josh dan Donte adalah, kedengarannya memang klise tapi itulah cara orang-orang ini berpikir. Menurut saya orang-orang mulai melihatnya sekarang. Mereka memiliki pola pikir dimanapun timnya, mereka akan berupaya membawa tim itu menang,” ujar Wright. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar