IBL

Jimmy Butler, forwarda Minnesota Timberwolves, kemungkinan kembali sebelum NBA musim reguler 2017-2018 berakhir. Ia mengatakan itu untuk pertama kalinya setelah cedera kepada media hari ini, Minggu, 18 Maret 2018 waktu setempat. Katanya, ia bisa kembali secepatnya jika rehabilitasinya lancar.

Butler, 28 tahun, mengalami cedera lutut (meniscus) pada 23 Februari lalu saat melawan Houston Rockets. Ia terjatuh ketika melancarkan serangan ke dalam pertahanan lawan. Sebelum cedera melukainya, ia sempat melakukan rebound, melantun bola sekali ke arah kanan, lalu mengoper kepada rekannya di bawah ring. Namun, lututnya kemudian tidak kuat lagi menopangnya berdiri, sehingga rekan-rekannya membantunya keluar lapangan.  

Setelah kejadian itu, Butler mendapat penanganan dan harus naik ke meja operasi. Ia perlu melakukan itu untuk memperbaiki lututnya yang terluka dengan waktu pemulihan sekitar empat sampai enam minggu. Jika prosesnya lancar, Butler bisa kembali melakoni setidaknya dua pertandingan sebelum playoff.

Timberwolves pun kini sedang berjuang untuk menembus playoff tanpa Butler. Ia sendiri mengaku timnya memang masih punya kans untuk ke sana, sehingga ia perlu bersiap untuk mendukung mereka secepatnya. Namun, sayangnya, tim asal Minnesota itu kini terlempar ke peringkat delapan setelah kalah dari Rockets hari ini. Padahal jika menang, mereka bisa tetap di peringkat lima sementara Wilayah Barat.

Dengan rekor menang-kalah 40-31, Timberwolves masih punya sisa 11 pertandingan di musim reguler untuk memantapkan diri menuju playoff. Namun, tim-tim lain seperti Utah Jazz, New Orleans Pelicans, dan San Antonio Spurs selalu jadi pesaing mereka di peringkat 5-8. Belum lagi tim seperti Los Angeles Clippers (9) dan Denver Nuggets (10) bisa saja membuat Timberwolves terpeleset di sisa musim.

Sejak Butler mengalami cedera, Timberwolves memaksimalkan pemain yang ada di sembilan pertandingan terakhirnya. Kepala Pelatih Tom Thibodeau lantas memasang Nemanja Bjelica di lima utama, tapi mereka hanya memenangkan 4 dari 9 pertandingan. Dengan begitu, keinginan Butler untuk pulih pun semakin kuat. Ia tinggal percaya saja kepada kemampuannya untuk sembuh.

“Oh ya, saya merencanakan itu (kembali bermain),” ujat Butler, seperti dilaporkan Kyle Ratke dari NBA.com. “Saya tidak bisa memberimu tanggal tepatnya, tapi saya ingin kembali dan membantu. Saya ingin bermain.”   

Foto: Jeffrey Becker/USA TODAY Sports

Komentar