IBL

Gordon Hayward, forwarda Boston Celtics, mengalami debut terburuknya di awal musim 2017-2018. Ketika tampil melawan Cleveland Cavaliers di pertandingan pembuka NBA pada 18 Oktober 2017 lalu, Hayward gagal menunjukkan kehebatannya. Bukan karena ia bermain jelek di pertandingan itu, tetapi karena cedera menghentikan kiprahnya. Bintang NBA ini mengalami cedera di bagian engkel, kakinya bengkok ke arah yang salah.

Dua minggu setelah kejadian mengerikan itu, Hayward mengumumkan dirinya tak akan tampil selama satu musim ini. Cedera itu terlalu parah, bahkan untuk sekadar membuatnya berjalan sulitnya minta ampun. Namun, empat setengah bulan kemudian, ia menunjukkan kemajuan dan mengatakan keraguan pada pernyataannya tentang absen satu musim.

Pada mulanya, baik Hayward maupun Celtics tampak yakin mereka tak akan bermain bersama di sisa musim ini. Akan tetapi, kemajuan pemulihan kaki Hayward justru membuat para penggemar berharap lain. Harapan itu semakin menguat setelah rekaman video Hayward ikut pemanasan beredar pada Januari lalu. Forwarda kaliber bintang itu tampak sudah bisa berdiri tanpa boot maupun kruk. Malah ia sudah bisa menembak bola ke ring sebelum timnya bermain melawan Los Angeles Clippers di Staples Center pada 24 Januari 2018 lalu.

Kendati begitu, Kepala Pelatih Brad Stevens justru mengatakan, Hayward masih belum akan main musim ini. Menurutnya, meski kemajuannya sudah cukup baik, kondisi kaki Hayward belum memungkinkannya ikut main. “Dia tidak akan bermain tahun ini. Saya tidak tahu harus berkata apa lagi,” tegas Stevens.

Pernyataan Stevens itu keluar menyusul pertanyaan tentang beredarnya rekaman video lain oleh The Players’ Tribune. Media tersebut mengunggah video Hayward yang sedang melakukan latihan melantun dan menembak bola. Pemain bersangkutan bahkan mencuit video tersebut di Twitternya dengan keterangan: Patience. One goal. More coming soon on my road back to the court.

Dari rekaman video tersebut, Hayward tampak mengalami kemajuan. Dari tidak bisa berdiri tanpa bantuan kruk dan boot, kini ia sudah bisa latihan individu. Mike Gorman, penyiar Boston Celtics, bertambah keyakinannya bahwa Sang Pemain akan tampil musim ini.

“Apakah mereka akan mengaktifkannya, apakah mereka akan memainkannya atau tidak, itu beda soal. Namun, saya yakin sebelum playoff kami akan melihatnya bermain. Saya percaya itu,” kata Gorman, seperti dikutip Yahoo! Sports.

Gordon Hayward, forwarda Boston Celtics, tampil dalam sebuah video di The Players' Tribune ketika latihan melantun dan menembak bola. Foto: The Players' Tribune 

 

Kepercayaan orang-orang akan pulihnya cedera Hayward menjadi berbeda-beda. Jika Gorman percaya Sang Bintang kembali bermain musim ini, Presiden Tim Danny Ainge justru setuju dengan Brad Stevens. Ainge merasa pemainnya tidak berpikir untuk main musim ini. Namun, Hayward sendiri justru berkehendak lain.

“Pemulihannya baik. Kemajuan saya baik. Saya ada di pusat latihan tadi pagi, saya akan ada di pusat latihan esok hari. Dan itulah tujuannya—fokus saja dari hari ke hari,” jelas Hayward, seperti dilaporkan Chris Forsberg, ESPN, kemarin.

Sejauh ini, Hayward memang hanya berfokus pada pemulihan cederanya. Ia memanfaatkan fasilitas di pusat latihan timnya untuk sedikit demi sedikit meningkatkan latihan. Dalam laporan Forsberg di ESPN, Hayward sudah bisa berlari menggunakan anti-gravity treadmill dengan 70 persen berat badannya. Ketika ia sudah mampu berlari dengan 80 persen, forwarda Celtics ini mengaku akan memikirkan untuk menggunakan seluruh berat badannya.

Dengan demikian, ketika muncul banyak spekulasi tentang kemungkinan tampilnya Hayward musim ini, Sang Pemain menjawabnya dengan jelas. Orang-orang terdekatnya, seperti pelatih dan presiden tim, juga terus memantaunya. Fokusnya tetap pada pemulihan, bukan soal tampil atau tidak tampil musim ini.    

Foto: Sports Illustrated

Komentar