IBL

Stapac Jakarta dan Siliwangi Bandung bertemu di laga terakhirnya musim ini. Kedua tim berusaha menampilkan permainan terbaik. Hasilnya, Stapac bisa memetik kemenangan lewat kedisiplinan dalam menerapkan strategi bermain. Sementara, Siliwangi harus menerima kekalahan ke-17 musim ini. Artinya, sepanjang musim reguler, tim asuhan Ali Budimansyah itu tak pernah menang.

Stapac dominan baik di paint area maupun akurasi tembakan jarak jauh. Tapi yang menjadi sorotan tim pelatih yaitu aliran bola lebih baik. Mereka bisa mengirim 28 asis. Lalu dari sisi tembakan gratis, para pemain Stapac lebih tenang dengan mengeksekusi 12 dari 15 kesempatan tembakan gratis.

"Para pemain melaksanakan game plan dengan bagus. Mereka lakukan pressure defense dengan baik dan mengatur momentum," ucap asisten pelatih Stapac, Antonius Ferry Rinaldo.

Pemain di bangku cadangan Stapac menyumbangkan 24 poin. Sedangkan dari starter, ada tiga yang mencetak poin terbanyak yaitu Dominique Williams (26 poin), Kore White (20 poin) dan Vincent Rivaldi Kosasih (17 poin).

"Secara tim, kami berkembang makin bagus. Saya suka cara kami bermain. Kalau dari pemain asing, Kore banyak membantu kami," kata Vincent.

Sementara itu, kekalahan ke-17 ternyata tidak membuat kepala pelatih Siliwangi kecewa. Justru Ali Budimansyah disikapi dengan positif. Ia mengatakan perkembangan tim sudah bagus. Mereka musim ini terkendala gonta-ganti pemain asing. Lalu ada Darnell Brown yang harus menepi dulu karena cedera. Sehingga banyak faktor yang menghalangi tim ini untuk berprestasi. Lebih jauh, ia memaparkan rencana musim depan.

"Saya sudah memutuskan untuk mempertahankan Darnell Brown untuk musim depan. Karena dia bisa menjadi pembimbing pemain muda, baik di luar atau di dalam lapangan. Lalu kami menambahkan empat hingga lima pemain berpengalaman. Manajemen sudah setuju untuk mengucurkan dana sekitar 2 miliar rupiah untuk penambahan pemain," ucapnya.

"Tim ini banyak pemain muda, tapi mereka terus berkembang. Terima kasih pada Siliwangi yang percaya pada saya," komentar Darnell yang mengoleksi 23 poin, termasuk tembakan gratis dengan presentase 100 persen (16/16).(*)

Foto: Hariyanto

Komentar