IBL

Pertandingan ketiga di hari terakhir IBL 2017-2018 Seri 8 Malang memang tidak menentukan. Tapi Pelita Jaya Basketball dan Garuda Bandung tetap tampil maksimal. Hasilnya, Pelita Jaya keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 74-60.

Kedua tim memang tak ingin mengecewakan penonton. Terlihat di sepanjang laga, Garuda baru menyerah di kuarter keempat saja. Pengalaman pemain berbicara di menit-menit akhir. Pelita Jaya lebih baik dengan menambahkan 21 poin, sedangkan Garuda hanya mencetak sembilan poin saja.

Tiga pemain Pelita Jaya yang tampil baik yaitu Wayne Bradford yang mencetak 21 poin, kemudian ada CJ Giles dengan sumbangan 19 poin dan tambahan 16 rebound, serta Xaverius Prawiro yang menyarangkan 16 poin. Sementara itu di kubu Garuda, Gary Jacobs Jr., menghasilkan poin terbanyak dengan 28 poin.

"Pertandingan tidak menentukan karena kedua tim sudah pasti ke playoff. Tapi anak-anak tetap bisa menunjukkan karakter bermain tim kami," kata Johannis Winar, kepala pelatih Pelita Jaya.

Sebaliknya, Garuda kini punya modal berharga sebelum playoff. Menurut jadwal, Garuda akan berhadapan dengan BSB Hangtuah di Bandung pada 2,3 dan 5 Maret mendatang. Tanggal terakhir akan berlaku bila terjadi agregat 1-1.

"Instruksi pelatih sudah berjalan tetapi tidak konsisten dan kadang keluar jalur," kata kapten tim Garuda, Diftha Pratama. "Kamis sudah memiliki kepercayaan diri lebih baik melawan tim-tim besar seperti Pelita Jaya."

Karena mepetnya waktu persiapan, kepala pelatih Garuda, Andre Yuwadi menyebut bahwa timnya akan segera kembali ke Bandung. Ia sudah menyiapkan program recovery fisik, mematangkan strategi dan juga meningkatkan chemistry tim.

"Kami bersyukur, musim ini bisa masuk ke playoff. Lebih bersyukur lagi, kami bisa menyelesaikan musim reguler dengan keadaan yang baik. Artinya, semua pemain sehat tidak ada yang cedera," ucap Andre. "Soal playoff, kami tidak lagi melihat lawan. Lawan di playoff punya semangat berbeda dengan musim reguler, sehingga siapapun lawannya, pasti auranya akan berbeda."

Garuda musim lalu juga berhasil menembus babak playoff putaran pertama. Namun langkah mereka terhenti sampai di situ saja. Sebab Garuda kalah 1-2 dari CLS Knights Surabaya. Kini target Garuda bisa memperbaiki capaian musim lalu. Ini berarti mereka mengincar satu tempat di semifinal. (*)

Foto: Hariyanto

Komentar