IBL

Pekerjaan berat dilakukan Renaldo Balkman saat San Miguel Alab Pilipinas berhadapan dengan Mono Vampire. Jelas, karena Balkman bertugas menghentikan laju bigman Vampire, Samuel Deguara, yang punya tinggi badan 2,25 meter. Pada akhirnya, usaha keras Balkman membuahkan hasil, Alab mendapatkan kemenangan keenam berturut-turut setelah menundukkan Vampire, 86-84, Rabu, 8 Februari 2018, di Baliwag Star Arena.

Wakil Thailand mampu unggul 9 poin, 16-7, di awal kuarter pertama. Tapi Alab bisa berbalik menambahkan 15 poin. Jumlah tersebut membawa tuan rumah memimpin 22-18 atas Vampire di akhir kuarter pertama.

Alab kemudian meninggalkan Vampire di kuarter kedua. Keberhasilan ini berkat kerjasama Justin Brownlee dan Lawrence Domingo yang berhasil mempertahankan area lubang kunci dari gempuran Mike Singletary. Vampire juga mendapatkan sumbangan poin dari kelincahan pemain keturunan Filipina-Amerika, Jason Brickman. Vampire bisa berbalik unggul 40-38 saat kuarter kedua usai. Deguara mengemas 11 poin di kuarter ini.

Rupanya, Alab mengumpulkan tenaga dan menghabisi lawannya di kuarter ketiga. Karena mereka melaju 10-0 di awal kuarter ketiga. Balkman yang merasa tidak mampu mendekati ring, mencoba membunuh Vampire dengan tembakan yang lebih akurat. Hasilnya, salah satu tembakan perimeter Balkman, mengantar Alab unggul 8 poin, 68-60, di akhir kuarter ketiga.

Drama terjadi di kuarter keempat. Kedua tim terlibat saling serang dan susul-menyusul poin. Tembakan tiga angka Josh Urbiztondo membawa Alab unggul 84-79. Kemudian Vampire membalas lewat jump-shot Brickman dan merubah skor menjadi 81-84. Di sisa 19 detik, Singletary menjadikan laga semakin mendebarkan setelah tembakan tiga angkanya tepat sasaran. Skor sama kuat 84-84. Lalu sebuah skenario pick-and-roll sederhana dari Balkman dan Brownlee memberikan kesempatan bagi Balkman untuk membuat poin dengan layup mudah. Waktu tersisa tiga detik dan Alab unggul 86-84. Keunggulan tersebut bisa dipertahankan hingga buzzer berbunyi.

Seusai pertandingan, Balkman mendapatkan ucapan selamat dari kawan-kawannya. Karena Balkman dianggap sebagai pemain yang sudah melakukan pekerjaan besar dengan menahan Samuel Deguara. Balkman juga bisa mencetak 31 poin dan 13 rebound. Sementara itu, rekannya, Justin Brownlee menambahkan 16 poin, 12 rebound dan 8 asis. Di kubu Vampire, Deguara mencetak 21 poin dan 15 rebound, lalu Mike Singletary menambahkan 19 rebound.

Enam kemenangan beruntun yang didapatkan Alab membawa mereka menempati posisi ketiga di klasemen sementara. Catatan rekor Alab menjadi sembilan kali menang dan empat kali kalah. Sedangkan Mono Vampire ada di bawahnya dengan sembilan kemenangan dan lima kekalahan. (*)

Foto: ASEAN Basketball League

Komentar