IBL

Penyesalan memang datang terlambat. Itulah yang dialami oleh Kendrick Perkins. Mantan pemain Boston Celtics yang kini menjadi analis NBA itu mengaku menyesal memilih Rudy Gobert sebagai Defensive Player of the Year (DPOY) 2004.

Hal itu diungkapkan Perkins dalam acara ESPN yang bertajuk First Take. Perkins menjadi salah satu panelis yang memberikan suaranya dalam penghargaan individu NBA. Gobert memenangkan gelar DPOY keempatnya pada tahun ini.

“Saya memiliki penyesalan terbesar dalam karier di bidang media. Saya akan berhenti memberikan suara untuk penghargaan individu dan musim reguler karena saya telah melakukan tindakan yang merugikan dalam menggunakan hak suara,” tutur Perkins.

“Saya memilih Rudy Gobert sebagai Pemain Bertahan Terbaik pada tahun ini. Itu merupakan hal yang memalukan bagi saya,” kata juara NBA 2008 tersebut.

Perkins menjelaskan lebih lanjut alasannya menyesal memilih pemain Minnesota Timberwolves itu. Perkins merasa kecewa dengan penampilan Gobert di babak playoff. Terutama di Final Wilayah Barat melawan Dallas Mavericks.

“Jangan memberi saya analisa, statistik plus minus karena statistik itu yang paling dilebih-lebihkan di NBA. Saat saya melihat Rudy, dia telah mencoreng status sebagai DPOY. Dia tidak dihormati oleh rekan-rekannya,” tegas Perkins.

Perkins menyoroti penampilan Gobert di Semifinal Wilayah Barat. Timberwolves sudah unggul 2-0. Lalu berbalik menjadi 3-2 oleh Denver Nuggets. Akhirnya Timberwolves memenangkan di Gim 7.

“Kita lihat yang terjadi di seri Denver. Dia bahkan tidak bisa menjaga pemain. Karl-Anthony Towns melakukan tugasnya dengan lebih baik. Apa yang dia lakukan sekarang? Jika melihat seri sekarang, sadarkan Rudy hanya membuat tiga blok dalam tiga gim? Satu blok per gim dengan (tinggi) 7’3” itu tidak bisa diterima,” ujar Perkins.

Salah satu yang menjadi pembahasan adalah kegagalan Gobert menghentikan Luka Doncic di Gim 2. Akibatnya, Doncic mencetak tripoin. Tembakan itu yang mengantar kemenangan Mavericks 109-108 pada 24 Mei 2024.

Timberwolves memperpanjang napas. Mereka memenangkan Gim 4 dengan skor 105-100. Tetapi Mavericks sudah unggul 3-1. Gim 5 berlangsung besok lusa di Target Center, Minneapolis. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar