IBL

Luka Doncic memang tidak menjadi MVP NBA 2024. Tapi ia masih memiliki peluang mencapai hal yang paling diinginkan oleh seluruh pemain yaitu cincin juara. Mantan pemain Boston Celtics Paul Pierce yakin jika Doncic bisa menjadi juara dan MVP Final, Doncic akan menjadi ikon NBA berikutnya.

“Dia memiliki satu hal. Saya pikir itu juga terjadi untuk beberapa pemain lainnya. Termasuk (Jayson) Tatum. Tapi saya berpikir jika Luka memenangkan gelar dan menjadi MVP Final NBA, dia pasti akan menjadi pemain terbaik di liga,” kata Piecer dalam wawancara dengan Undisputed.

Tidak hanya pemain terbaik. Pierce juga percaya Doncic bisa menjadi ikon NBA. Seperti yang diketahui, ikon liga kerap disematkan untuk Anthony Edwards. Berhubung Mavericks dan Minnesota Timberwolves bentrok di Final Wilayah Barat 2024, julukan itu mulai beralih. Sebab, Timberwolves sendiri sedang tertinggal 3-0.

“Tidak hanya akan menjadi pemain terbaik di liga. Saya akan menyebutkan sebagai ikon liga. Hal itu bisa terjadi pada tahun ini,” kata pemain yang ikut membawa Celtics juara NBA 2008 itu.

Doncic sebenarnya menjadi final MVP NBA 2024. Tetapi pemain asal Slovenia itu hanya menempati posisi ketiga. Doncic memperoleh 4 suara untuk posisi pertama, 36 suara posisi kedua, dan 50 suara posisi ketiga.

Ia kalah dari Nikola Jokic. Pemain Denver Nuggets itu menjadi MVP tiga kali dalam empat musim terakhir. Jokic unggul dalam 79 suara untuk posisi pertama. Kemudian Shai Gilgeous-Alexander menjadi runner up.

Doncic bermain cemerlang selama musim 2023-2024. Ia menjadi top skor termuda dalam NBA setelah Kevin Durant. Pada musim ini, Doncic mencatat rata-rata 33,9 poin per gim dan merupakan raihan tertinggi dalam enam musim di NBA.

Sebagai mantan pemain Celtics, Pierce tidak menyangkal Celtics juga menjadi penantang yang tangguh. Celtics melaju ke Final NBA 2024 usai menggulung Indiana Pacers 4-0. Celtics memiliki Tatum yang menempati posisi keenam MVP NBA 2024.

“Tetapi pada saat yang sama, saya juga merasakan Jayson Tatum memiliki potensi tersebut. Jadi, mari kita lihat, bagi yang juara dan menjadi MVP Final, dialah yang akan menjadi ikon liga,” lanjut Pierce. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar