IBL

New York Knicks mengamankan kemenangan di Gim 1 Semifinal Wilayah Timur, Senin (6/5), waktu setempat. Menjamh Pacers di Madison Square Garden, Knicks nenutup laga dengan skor akhir 121-117. Ini adalah pertemuan perdana keduanya di Playoff sejak 2013. Menariknya, keduanya kala itu jumpa di babak yang sama. 

Laga berlangsung sangat ketat terbukti dengan kedua tim tak mampu membuka jarak sampai dua digit poin. Secara statistik keseluruhan pun keduanya cukup seimbang. Knicks memang membuat turnover dua kali lebih banyak dari Pacers (14 banding 7), namun Pacers tak mampu menahan diri untuk tidak melakukan pelanggaran. Knicks mendapatkan 26 tembakan gratis dan 22 di antaranya masuk. Pacers sendiri hanya punya 19 tembakan gratis dan meleset 4 kali saja.

Pacers sejatinya masih punya peluang untuk memaksa gim ini lanjut ke babak tambahan waktu atau mencuri kemenangan. Sayangnya, Andrew Nembhard melanggar Jalen Brunson saat laga tersisa 10 detik dan bola inbound (lemparan masuk) belum terjadi. NBA punya aturan khusus untuk ini dengan memberikan satu tembakan gratis pada yang dilanggar dengan penguasaan bola masih bertahan. 

Dengan posisi tertinggal satu poin dan tambahan tembakan gratis sempurna Brunson, Pacers pun tertinggal dua poin tanpa punya timeout tersisa. Inbound terjadi dan Pacers harus melanggar Brunson sekali lagi. Dua tembakan gratis sempurna untuk membuka jarak jadi empat poin dan Pacers tak bisa mengejar lagi. 

Trio alumni Univeristy of Villanova kembali jadi tokoh utama kemenangan Knicks. Jalen Brunson melanjutkan tren panasnya dengan 43 poin, 6 rebound, 6 asis. Brunson memasukkan 14/26 tembakan dan sempurna 14/14 dari tembakan gratis. Sebanyak 19 dari keseluruhan poin Brunson tercipta di kuarter empat. Brunson adalah pemain pertama sejak Michael Jordan yang mencetak 40+ poin di empat gim Playoff beruntun. 

Donte DiVincenzo menambahkan 25 poin dengan 5/9 tripoin. Salah satu tripoinnya menjadi pemecah situasi imbang di sisa 40 detik. Josh Hart melengkapi dengan dobel-dobel 24 poin, 13 rebound, 8 asis, dan 4 steal. Sepanjang Playoff musim ini, hanya Nikola Jokic yang punya rebound dan asis lebih banyak dari Hart. OG Anunoby dan Isaiah Hartenstein masing-masing menambahkan 13 poin dan 4 asis. Anunoby punya 9 rebound atas namanya sedangkan Hartenstein 6 rebound. 

Pacers punya enam pemain dengan dua digit poin. Myles Turner memimpin tim dengan 23 poin dari 8/16 tembakan. Pascal Siakam 19 poin dan 6 rebound. T.J. McConnell 18 poin dari bangku cadangan sedangkan Aaron Nesmith serta Obi Toppin masing-masing 12 poin 6 rebound. Andrew Nembhard menutup daftar dengan 11 poin. 

Tyrese Halliburton kembali melakoni Gim 1 yang sulit. Bermain 36 menit, Halliburton hanya mencetak 6 poin, 8 asis, dan 4 steal. Halliburton hanya melepaskan 6 tembakan dengan 2 menemui sasaran. Sebelumnya di ronde pertama, Halliburton juga hanya mencetak 9 poin melawan Milwaukee Bucks. 

Gim 2 masih akan digelar di Madison Square Garden, lusa. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images 

Komentar