IBL

Sudah hampir separuh musim NBA 2017-2018 bergulir. Itu artinya sebentar lagi NBA akan menggelar All-Star Weekend, tepatnya pada 18 Februari 2018 mendatang. Pada perayaan tahunan itu, nantinya para penggemar akan mendapatkan suguhan menarik seperti All-Star Game.

Jumat, 19 Januari 2018, NBA pun mengumumkan 10 pemain yang berhak menjadi lima pemain utama di All-Star Game nanti. Dari Wilayah Barat, NBA mengumumkan nama Stephen Curry, James Harden, Kevin Durant, Anthony Davis, dan DeMarcus Cousins sebagai wakilnya. Dari Wilayah Timur ada LeBron James, Kyrie Irving, DeMar DeRozan, Giannis Antetokounmpo, dan Joel Embiid.

NBA mendapat komposisi 10 pemain utama ini dari total pungutan suara. Mereka mengambil suara dari 50 persen pilihan penggemar, 25 persen media, dan 25 persen sesama pemain.

Hari ini, NBA juga sekaligus mengumumkan siapa kapten dari masing-masing tim tersebut. LeBron James, forward Cleveland Cavaliers, terpilih sebagai kapten dari Wilayah Timur. Sementara itu, Stephen Curry berhasil menjadi pemimpin di Wilayah Barat. James dan Curry terpilih sebagai kapten setelah keduanya menjadi yang paling populer di pungutan suara. Mereka lantas berhak memilih pemain mana yang akan bekerja sama di All-Star Game nanti, termasuk sisa delapan pemain yang sudah terpilih tadi.    

NBA kini tidak lagi menyuguhkan Tim Barat lawan Tim Timur seperti sebelumnya. Pemain-pemain dari Wilayah Barat dan Wilayah Timur dapat bekerja sama satu sama lain sesuai pilihan, karena LeBron James dan Stephen Curry yang bakal memilihnya sendiri. Nantinya, akan ada masing-masing tujuh pemain dari Tim Barat dan Timur yang akan dipilih oleh pelatih All-Star untuk jadi pemain cadangan dan masuk draft bersama 10 pemain terpilih.

Sebagai kapten, LeBron dan Curry boleh memilih siapa saja dari 22 pemain yang ada untuk mengisi skuat masing-masing. Sebagai peraih suara terbanyak, LeBron berhak memilih lebih dulu. Ia akan memilih pemain inti dari tim-tim Wilayah Barat atau Timur. Misalnya, LeBron akan memilih Kevin Durant. Lalu giliran Curry, dengan memilih Kyrie Irving. Lalu, LeBron memilih Anthony Davis. Kemudian Curry mengambil James Harden. Lalu, LeBron ambil Giannis, dan seterusnya bergantian.

Pada putaran pertama pemilihan (draft) ini, pemain utama harus berasal dari masing-masing lima teratas dari setiap wilayah tadi atau delapan pemain lain yang sudah terpilih hari ini. Baru kemudian dilanjutkan dengan putaran kedua dengan memilih pemain-pemain cadangan. Deretan nama pemain cadangan ini akan NBA umumkan pada 23 Januari 2018.

Ada satu syarat ringan yang harus dilakukan LeBron dan Curry ketika memilih nanti. Setiap tim harus punya minimum tiga guard. Jadi, nantinya akan ada 12 pemain dari setiap tim dengan masing-masing minum 3 guard.  

Foto: Slam

Komentar