IBL

Jadwal upacara pelantikan Naismith Basketball Hall of Fame (HOF) 2024 mundur. Ini tidak lepas dari adanya Olimpiade Paris 2024. Dalam jadwal biasanya, HOF digelar pada pekan ketiga bulan Agustus.

Pelantikan HOF 2024 rencananya pada 16-17 Agustus mendatang. Dalam rilis terbaru, NBA menggantinya menjadi ke tanggal 12-13 Oktober 2024. Sebab, mereka memenuhi permintaan komunitas bola basket global yang sedang tertuju pada Olimpiade.

“Perubahan tanggal ini akan terus dilakukan untuk memposisikan acara Hall of Fame sebagai acara mandiri yang sukses dan diproduksi dengan baik, dan tidak terganggu dengan potensi konflik produksi,” tulis keterangan resmi NBA.

Olimpiade Paris 2024 berlangsung pada 26 Juli 2024 hingga 11 Agustus 2024. Untuk cabang olahraga basket dimulai pada 27 Juli. Final 5 on 5 putra pada 10 Agustus 2024. Lalu final 5 on 5 putri pada 11 Agustus 2024. Ada pun final 3x3 lebih awal pada 5 Agustus 2024.

Baca juga: Vince Carter, Chauncey Billups, dan Jerry West Masuk Hall of Fame Class of 2024

Ada dua venue yang digunakan. Babak penyisihan berlangsung di Pierre Mauroy Stadium, Lille. Laga puncak diadakan di Accor Arena, Paris yang juga digunakan untuk menyelenggarakan NBA Paris Game. Sementara 3x3 berlangsung di Place de la Concorde, Paris.

Langkah mengganti jadwal pelantikan HOF ini cukup tepat. Pasalnya jika diadakan tepat setelah Olimpiade, euforianya tentu akan berbeda. Apalagi jika timnas Amerika Serikat menang. Fokusnya masih pada mereka. Sementara HOF merupakan acara untuk menghormati pada mantan pemain dan pelatih yang berjasa di dunia basket.

“Kami memahami pentingnya perkembangan pertandingan basket Olimpiade dan menyesali ketidaknyamanan yang disebabkan oleh perubahan tersebut. Perpindahan ke bulan Oktober ini memastikan bahwa kami memastikan para tamu dan pemirsa mendapatkan pengalaman yang luar biasa,” ujar John L Doleva, Presiden dan CEO Naismith Basketball Hall of Fame.

Enshrinement Weekend akan dimulai pada 12 Oktober di Mohegan Sun, Connecticut dengan Awards Gala. Kemudian para angkatan 2024 dan Hall of Famers kembali berkumpul di Springfield, Massachusetts pada 13 Oktober. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar