IBL

Vince Carter, Seimone Augustus, Chauncey Billups, Michael Cooper, Walter Davis, Charles Smith, Dick Barnett, Harley Redin, Michele Timms, Herb Simon, Bo Ryan, Doug Collins dan Jerry West akan menjadi bagian dari Naismith Memorial Basketball Hall of Fame Class of 2024 yang beranggotakan 13 orang. Daftar ini diumumkan pada hari Sabtu (64/4) waktu Amerika Serikat. 

Vince Carter memiliki perjalanan karier yang luar biasa. Menonjol selama tiga musim di North Carolina, Carter membantu Tar Heels mencapai Final Fours berturut-turut. Ia sempat masuk draft pick putaran pertama oleh Golden State Warriors pada tahun 1998, lalu langsung diambil Toronto Raptors. Dikenal sebagai "Air Canada", Carter melakukan dunk yang menjadi sorotan secara teratur dan memenangkan Kontes Slam Dunk NBA 2000 dengan salah satu momen yang paling berkesan dalam sejarah acara tersebut.

Carter adalah Rookie of the Year NBA, delapan kali All-Star dan menyelesaikan dengan rata-rata 16,7 poin per gim dalam kariernya yang mencakup delapan tim. Secara internasional, ia membantu Amerika Serikat memenangkan emas di Olimpiade 2000 di Sydney, Australia, dan Kejuaraan FIBA ??Americas 2003. Dia juga satu-satunya pemain NBA yang bermain dalam empat dekade berbeda.

Pemain legenda lainnya yang akan masuk Naismith Memorial Basketball Hall of Fame Class of 2024 adalah Chauncey Billups. Sebelum dia mendapat julukan "Mr. Big Shot", Billups unggul di Colorado, mendapatkan penghargaan All-American sedond team. Dia kemudian terpilih sebagai No. 3 secara keseluruhan oleh Boston Celtics di NBA Draft 1997.

Billups bermain untuk Celtics, Raptors, Minnesota Timberwolves dan Denver Nuggets sebelum menandatangani kontrak lima tahun senilai 35 juta dolar Amerika untuk bergabung dengan Detroit Pistons pada tahun 2002. Dia dengan cepat beradaptasi dan menjadi pemain penting dalam membimbing franchise tersebut meraih gelar NBA ketiganya pada tahun 2002. 2004, di mana dia juga dinobatkan sebagai MVP Final NBA.

Billups, yang menjalani musim ketiganya sebagai kepala pelatih Portland Trail Blazers , kembali ke Nuggets pada 2008 sebelum menyelesaikan karirnya bersama New York Knicks, Los Angeles Clippers, dan dua musim terakhir bersama Pistons.

Sebagai All-Star lima kali, Billups rata-rata mencetak 15,2 poin dan 5,4 asis per gim dalam 1.043 pertandingan karier NBA-nya. Persentase tembakan gratisnya sebesar 89,4 persen, yang merupakan terbaik keenam dalam sejarah NBA/ABA. Pistons dan University of Colorado sama-sama mengistirahatkan nomor punggungnya.

Sementara itu, ketiga kalinya Jerry West yang saat ini menjadi anggota dewan eksekutif dan konsultan Los Angeles Clippers, akan dilantik di Hall of Fame. Dia sudah masuk sebagai pemain, dan sebagai bagian dari tim pemenang medali emas Olimpiade 1960. Sekarang dia masuk sebagai kontributor permainan sebagai salah satu eksekutif NBA yang paling sukses. 

West berperan penting dalam membantu menciptakan dinasti Los Angeles Lakers pada 1980an dan 2000an dengan mendatangkan kekuatan bintang seperti Kobe Bryant, Magic Johnson, Shaquille O'Neal dan James Worthy, dan merekrut pelatih kepala Phil Jackson.

West memenangkan delapan gelar NBA selama 21 tahun sebagai pejabat eksekutif Lakers, dan dua kali menjadi NBA Executive of The Year. Setelah menjabat sebagai manajer umum Memphis Grizzlies, dia bergabung dengan Golden State Warriors sebagai anggota dewan eksekutif dengan kepemilikan saham minoritas. Di sana dia akan menambahkan dua kejuaraan lagi ke dalam daftar kariernya yang mengesankan. (*)

Foto: ESPN

Komentar