IBL

Bola basket telah lama menjadi olahraga yang menarik. Pasalnya, tidak hanya tumbuh di negara-negara besar seperti Amerika Serikat, bola basket rupanya juga berkembang di negara konflik seperti Somalia. Beberapa jurnalis foto dunia pun mengabadikan momen-momen dari seluruh dunia untuk medianya masing-masing. Beberapa dari mereka bahkan menerima anugerah foto terbaik dari World Press Photo.

Berikut para fotografer peraih anugerah foto olahraga terbaik dari World Press Photo sejak 2000: 

Greg Nelson

Greg Nelson adalah fotografer Sports Illustrated. Pada 2016, ia menempati peringkat dua kategori foto olahraga (Single Sports Photo) setelah memotret gelaran NCAA. Saat itu ia memotret, Ron Baker yang menembakkan bola melewati Nick Zeisloft sementara pemain lawannya berebut posisi untuk mengamankan area di bawah ring.

Jan Grarup

Jan Grarup adalah fotografer LAIF, sebuah agensi foto dari Jerman, yang memiliki spesialisasi di bidang foto konflik dan perang. Suatu ketika pada 2013, ia memenangkan anugerah foto terbaik (peringkat satu kategori Sports Feature) dari World Press Photo setelah memuat deretan foto bercerita yang mengisahkan hidup seorang perempuan Somalia. Pada foto-foto itu, tampak kapten tim nasional Somalia, Suweys Ali Jama, mempertaruhkan hidupnya untuk bermain bola basket di sana. Menurut ceritanya, para pemain timnas perempuan ini sering menerima berbagai ancaman karena bermain bola basket. Pada 2006, Islamic Courts Union memang melarang perempuan melakukan olahraga apapun. Hukumannya bagi perempuan yang melanggar adalah potong tangan kanan atau kaki kiri.

 

Zhao Qing

Zhao Qing merupakan fotografer asal Cina yang meliput Olimpiade Beijing 2008. Selang setahun, ia menerima anugerah foto terbaik (peringkat pertama kategori Sports Feature) dari World Press Photo. Di antara deretan foto Olimpiade, ia menampilkan foto bintang bola basket Cina, Yao Ming, yang tampak dalam sebuah layar besar di sebuah mall. Menurut laporan, ada lebih dari 1,1 juta orang menonton siaran Olimpiade.

Chris Detrick 

Chris Detrick merupakan seorang fotografer asal Utah. Ia bekerja untuk The Salt Lake Tribune ketika memenangkan anugerah foto olahraga terbaik pada 2008 (peringkat tiga kategori Sports Action). Ada dua foto bola basket di antara foto-foto olahraga yang ia tampilkan. Satu di antaranya menampilkan Stephen Jackson, pemain Golden State Warriors, yang tampak jatuh ke luar lapangan saat laga keempat semifinal Wilayah Barat. Jazz memenangkan laga 115-101. Di foto lain, ia menampilkan Jason Walberg, pemain Pepperdine, mencakar mata Jonathan Tavernari dari Brigham Young Univeristy saat kedua tim tersebut bertemu dalam sebuah pertandingan. Tidak ada pelanggaran, Tavernari pun tidak cedera meski setelah insiden itu ia gagal memasukkan bola. Pada pertandingan tersebut, Tavernari kemudian melepas tembakan tiga angka beberapa kali, membuat timnya menang 86-67.

Foto: World Press Photo

Komentar