IBL

USA Basketball mengungkap susunan 12 pemainnya yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024 mendatang. Direktur Pelaksana Grant Hill di "The Today Show" NBC menceritakan tentang pembentukan tim, yang berisi selusin bintang-bintang NBA. Bahkan ada yang menyebut kalau skuad ini lebih hebat dari "The Dream Team" di Olimpiade 1992. 

Piala Dunia FIBA ​​​​2023 adalah kompetisi internasional besar terakhir yang diikuti timnas Amerika Serikat. Tetapi mereka gagal meraih medali dan hanya finis keempat di ajang yang diikuti 32 negara tersebut. Setelah ajang ini, Grant Hill memulai misi untuk mengumpulkan para bintang NBA. Dia merinci proses awal di balik daftar nama pemain untuk Olimpiade tahun ini.

"Saya belajar, tentu saja tim-tim elit, tim-tim yang benar-benar mempunyai peluang untuk memperebutkan medali emas, saya mempelajari keragaman dan jenis gaya serta nuansa permainan secara keseluruhan. Setelah melewati Piala Dunia FIBA 2023, saya benar-benar memiliki cukup banyak pertimbangan," kata Hill.

"Pertahanan tentu saja merupakan area yang perlu kami tingkatkan dan tingkatkan, dan kami punya pemain-pemain yang memiliki hal itu sebagai fondasinya. ...Pertandingan ini jauh lebih bersifat fisik dibandingkan pertandingan NBA. Oleh karena itu, waspadalah terhadap hal ini." 

"Bahwa, memiliki orang-orang yang permainannya bisa mencapai level itu di sisi bertahan dan menyerang adalah hal yang penting. Jadi ya, ini bukan pukulan telak bagi tim mana pun seperti yang pernah kami hadapi di masa lalu, tapi saya sangat bersemangat dengan pertahanan. potensi grup ini saat kita bekerja sama dan mempersiapkan diri untuk Paris."

Daftar nama yang dimiliki Grant Hill sangat istimewa. Dimulai dari Kevin Durant yang merupakan pencetak poin terbanyak sepanjang masa timnas putra Amerika Serikat. Dia punya tiga medali emas, juara NBA dua kali, dan juga pernah jadi MVP. Dilanjutkan dengan LeBron James yang memiliki dua medali emas, merupakan pemimpin sepanjang masa dalam hal asis dan pencetak poin terbanyak sepanjang masa NBA, juara NBA empat kali, MVP empat kali, dan pemimpin sepanjang masa di All-Star Games yang dimainkan. 

Stephen Curry memang tidak memiliki medali emas Olimpiade, tetapi memiliki dua gelar Piala Dunia FIBA, empat kejuaraan NBA, dua MVP NBA dan merupakan penembak terhebat dalam sejarah NBA. Diikuti Kawhi Leonard yang merupakan juara NBA dua kali dan MVP final dua kali. Dilanjutkan dengan Joel Embiid yang belum pernah bermain secara internasional tetapi merupakan MVP NBA.

Tapi di sisi lain, timnas Amerika Serikat juga punya Bam Adebayo dan Jrue Holiday, dua pemain terpenting dalam tim peraih medali emas Olimpiade Tokyo, yang mungkin memainkan peran kecil di Paris. Lalu kepala elatih Steve Kerr juga harus memikirkan cara untuk menggabungkan Jayson Tatum dan Devin Booker, dua mesin poin NBA yang juga peraih medali emas Olimpiade Tokyo.

Grant Hill juga memasukkan Tyrese Haliburton dan Anthony Edwards, dua bintang muda paling cemerlang di NBA dan dua pemain bertahan dari tim Piala Dunia FIBA ​​2023, untuk melengkapi daftar tersebut. 

"Saya menyukai fleksibilitas grup ini, saya menyukai karakter dan kedewasaan grup ini," kata Hill. "Kalau melihat NBA, tentu gaya permainan di NBA saat ini sangat mirip. Banyak tim melakukan dan menjalankan hal yang sama. Ini berbeda di pertandingan (internasional), dan kami harus menghormatinya. Kita harus bersiap untuk itu. Dan kami harus memiliki bakat dan keahlian yang mampu melawan hal tersebut."

Timnas Amerika Serikat telah memenangkan empat medali emas Olimpiade berturut-turut, tetapi mengalami kesulitan di dua Piala Dunia FIBA ​​terakhir. Salah satu penyebabnya adalah bintang-bintang NBA Amerika level A telah kehilangan minat untuk bermain di acara-acara tersebut. Akibatnya USA Basketball harus mengirim tim-tim yang terdiri dari pemain-pemain muda, mungkin bintang-bintang pemula, ke acara tersebut. Dua Piala Dunia FIBA terakhir, Amerika Serikat menelan hasil mengecewakan. Tetapi dengan susunan pemain Amerika Sertikat saat ini, ukuran, kekuatan, dan pertahanan secara umum, tidak akan menjadi masalah.

Timnas Amerika Serikat, yang telah memenangkan kompetisi bola basket Olimpiade empat kali berturut-turut, diperkirakan akan memulai persiapan mereka untuk Olimpiade Musim Panas pada bulan Juli. Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus. (*)

Foto: USA Basketball

Komentar