IBL

Tidak ada nama Draymond Green dalam daftar 41 pemain timnas Amerika Serikat untuk Olimpiade Paris 2024. USA Basketball melalui Direktur Eksekutif Grant Hill memberi penjelasan. Dilansir melalui ESPN, Hill mengakui bahwa skorsing Draymond menjadi pertimbangan ia tidak masuk skuad AS tahun ini.

“Kontribusinya sangat signifikan. Dia adalah bagian nyata dari warisan organisasi ini atas keunggulannya. Tetapi saya pikir sebagai pertimbangan yang terjadi musim ini, kami membuat keputusan untuk tidak memasukkan (Draymond) dalam daftar,” ungkap Hill.

Timnas AS mencantumkan nama-nama mentereng dalam skuad sementara ke Olimpiade Paris 2024. Ada veteran seperti LeBron James, Kevin Durant, Damian Lillard, James Harden, hingga Kyrie Irving. Beberapa nama yang diharapkan tampil untuk debutnya di Olimpiade juga tampak. Seperti Stephen Curry dan Joel Embiid.

Baca juga: LeBron, Curry, Hingga Embiid, Deretan Pemain AS yang Akan ke Olimpiade 2024

Sementara itu Draymond sudah dua edisi Olimpiade selalu masuk dalam timnas AS. Ia menjadi salah satu bagian dari tim saat memenangkan Olimpiade Rio 2016 dan Olimpiade Tokyo 2020. AS sudah memenangkan emas dalam lima edisi beruntun.

Tidak masuknya Draymond dalam roster sementara itu memang tidak mengejutkan. Berbagai kontroversi Draymond membuatnya terdepak dari roster. Seperti yang kita ketahui, Draymond sempat mendapat skorsing tanpa batas waktu. Ini merupakan sanksi setelah ia memukul Jusuf Nurkic.

Draymond juga telah diskors 5 gim karena mencekik Rudy Gobert. Akumulasi tindakan-tindakan itu membuat NBA memberi penanganan khusus untuk Draymond. Selama skorsing tanpa batas waktu itu, Draymond diwajibkan mengikuti konseling. Ia baru kembali setelah melewatkan 12 gim.

“Kita semua memahami. Tentunya menghormati dan peka terhadap masa-masa tertentu dalam keriernya. Dia sedang berusaha melakukan hal baik di dalam maupun luar lapangan. Jadi, kami di USA Basketball ingin mendukungnya. Kami merasa memainkannya dalam musim panas bukan hal terbaik mengingat apa yang perlu ia lakukan,” lanjut Hill. (rag)

Foto: Ned Dishman/NBAE via Getty Images

Komentar