IBL

Hari pertama FIBA 3x3 Asia Cup 2024 sudah dilalui oleh Timnas 3x3 Putra Indonesia. Hasilnya mereka meraih hasil 1-1 dari dua pertandingan. Meski menang melawan Korea, peluang Indonesia lolos ke babak utama cukup berat. Karena dari Kualifikasi Grup B, Sri Langka yang punya peluang lebih besar untuk lolos ke babak utama karena memenangkan dua laga. 

Bertanding di OCBC Square, Singapore Sports Hub, timnas 3x3 putra disapu 14-21 oleh Sri Langka. Pada laga tersebut, Serigne Modou Kane mencetak 6 poin, diikuti Erick Ibrahim Junior (4 poin), Jason Christhoufer Kurniawan (3 poin), dan M. Daffa Fadhillah Shaldy (1 poin). Indonesia gagal mengantisipasi Rukshan Athapaththu yang melakukan tiga kali tembakan dua angka. Dia sendiri membungkus 10 poin untuk Sri Langka. 

Di pertandingan kedua, Indonesia berhadapan dengan Korea. Sebenarnya Indonesia punya peluang menang di laga ini sejak awal. Mereka sudah unggul 6-3 di pertengahan laga. Hingga tersisa waktu satu menit, Indonesia masih memimpin 10-9. Tetapi sebuah tembakan dari Park Rae Hun membuat Indonesia tertinggal. Beruntung ada Serigne Modou Kane yang menyamakan kedudukan (11-11) di akhir waktu normal. 

Korea sempat mengejutkan Indonesia, karena mereka melakukan tembakan saat buzzer. Namun wasit menyatakan bahwa tembakan tersebut tidak masuk, karena waktu sudah habis. Akhirnya laga dilanjutkan ke babak overtime. Di sini Erick Ibrahim Junior membuat tembakan dua angka, yang memastikan Indonesia menang 13-11 atas Korea. 

Meski menang, peluang Indonesia lolos ke babak utama sudah tertutup. Sebab, Sri Langka memetik dua kemenangan setelah mengalahkan Kepulauan Mariana Utara (21-13). Dengan mengumpulkan 42 poin dalam dua pertandingan sebelumnya, maka akan sangat sulit menggulingkan Sri Langka. Kalau pun Korea ingin lolos ke babak utama, mereka harus menang melawan Sri Langka dengan margin 11 poin di pertandingan besok siang. 

"Empat pemain kami baru mengikuti turnamen 3X3 yang levelnya seperti ini. Jadi mungkin ada satu atau dua pemain yang masih canggung atau bingung harus bagaimana karena suasananya berbeda, ketika bermain di turnamen lokal dengan level Asia," jelas Fandi Andika Ramadhani sebagai pelatih.

Indonesia masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Kepulauan Mariana Utara, besok siang (28/3). Jika besok Sri Langka menang melawan Korea, maka mereka yang berhak melaju ke babak utama. Karena dari babak kualifikasi ini hanya satu tim terbaik yang lolos. (*)

Foto: fiba3x3.com

Komentar