IBL

Pemain Philadelphia 76ers asal Prancis Prancis, Nicolas Batum, mengatakan bahwa Victor Wembanyama memiliki potensi menjadi pemain yang luar biasa. Masih di tahun pertamanya dengan potensi meraih Rookie of the Year (ROTY), Wemby juga diprediksi masuk jajaran Defensive Player of the Year (DPOY).

“Saya pikir perlombaan Rookie of the Year sudah selesai. Itu yang orang-orang katakan dan saya pikir juga begitu. Saya pernah melihat Pop (pelatih San Antonio Spurs Gregg Popovich) mengatakan sesuatu. Ia bilang bahwa mungkin tahun ini menjadi musim terburuk Wemby. Bisa Anda bayangkan? Mungkin ini musim terburuk dalam kariernya. Itu mengerikan,” kata Batum dilansir melalui Sportskeeda.

Wemby mencatat rata-rata 20,7 poin, 10,4 rebound, dan 3,5 blok per gim. Pilihan pertama nBA Draft 2023 itu mantap di puncak klasemen ruki terbaik tahun ini. Posisi kedua ada Chet Holmgren yang memiliki 16,8 poin, 7,9 rebound, dan 2,5 blok untuk Oklahoma City Thunder.

Persaingan ROTY 2024 dikatakan sudah selesai saat Wemby mencetak rekor demi rekor. Hanya dalam musim perdananya. Wemby masuk klub elit yang diisi Hakeem Olajuwon, Kareem Abdul-Jabbar, David Robinson, Alonzo Mourning, Patrick Ewing, dan Shaquille O’Neal. Mereka merupakan big men yang memiliki rataan paling tidak 20 poin, 10 rebound, dan 3,5 blok dalam satu musim.

Selain itu, Wemby memimpin perolehan blok liga saat ini. Pemuda berusia 20 tahun itu mengumpulkan 217 blok dalam 63 gim. Ia juga menjadi pemain kedua dalam sejarah NBA yang mencapai 200 blok dan 100 trippin dalam satu musim setelah Raef LaFrentz pada 2001-2002.

Semua catatan itu di musim perdananya, yang diprediksi Batum dan Popovich sebagai musim terburuk dalam karier Wemby. Bahkan musim terburuk saja seperti itu. Bagaimana dengan musim-musim berikutnya saat Wemby sudah lebih matang dan berpengalaman nantinya? (rag)

Foto: Getty Images

Komentar