IBL

Indiana Pacers menjadi momok mengerikan bagi Cleveland Cavaliers hari ini, Sabtu 13 Januari 2018. Mereka berhasil menumbangkan Cavaliers 97-95 di Bankers Life Fieldhouse, Indianapolis, Indiana, Amerika Serikat. Keberhasilan Pacers sekaligus menutup minggu kelam Cavaliers karena tim asal Ohio itu tidak mengemas satu pun kemenangan. Cavaliers telah mengalami kekalahan tiga kali beruntun selama satu minggu ini.

 Point guard Pacers, Darren Collison, tampil apik pagi ini. Ia mampu menyumbangkan 22 poin untuk membuat timnya unggul. Victor Oladipo, pemain yang sedang naik pamornya, juga gemilang dengan 19 poin.

Di sisi lain, Lance Stephenson tampil baik dari bangku cadangan. Ia mengemas double-double 16 poin dan 11 rebound. Domantas Sabonis melakukan hal serupa dengan 12 poin dan 15 rebound. Forward Thaddeus Young tak mau ketinggalan dengan 12 poin dan 7 rebound.

Kendati demikian, sebenarnya Pacers terlambat panas di awal kuarter. Para pemain Cavaliers cenderung menguasai laga dengan permainan kolektif mereka. Megabintang LeBron James berhasil memimpin timnya untuk bertahan dengan baik. Mereka mampu menjaga ring dari serangan-serangan Pacers yang kemudian menjadi serangan balik mematikan. Cavaliers unggul jauh 34-12.

Pasukan Kepala Pelatih Tyronn Lue memang tampil apik di kuarter pertama, tapi hal itu tidak berlangsung lama. Pacers memberikan perlawanan yang cukup membuat lawan kewalahan, meski Cavaliers tetap menjaga keunggulan. Skor berubah 58-44 menutup paruh waktu pertama.

Di kuarter tiga, Pacers secara konsisten melancarkan serangan berarti di menit awal. Mereka memanfaatkan pertahanan Cavaliers yang rapuh untuk mendulang angka. Upaya itu membuat mereka semakin mendekati skor lawan.

Pacers punya kesempatan memimpin ketika laga menyisakan sekitar 12 detik di kuarter tiga. Collison menerima operan dari rekannya di ujung lapangan, melantun sebentar, kemudian menarik tubuhnya ke belakang garis tripoin dan menembak dari sana. Sekonyong-konyong para penggemar berteriak gembira. Pacers memimpin 76-74.   

Kuarter akhir mau tak mau menjadi pertaruhan. Kedua tim bermain ketat sehingga keduanya imbang dalam perolehan poin di kuarter ini (21-21), meski Cavaliers sebenarnya memiliki kesempatan unggul. James menerobos masuk menuju ring, tetapi kakinya menginjak garis keluar sehingga wasit meniup peluit. Cavaliers kehilangan penguasaan bola, sementara Pacers menutup laga lewat lemparan bebas Collison. Tim asal Indianapolis itu pun menang tipis 97-95.  

Dengan keberhasilan hari ini, Pacers tengah mengemas tiga kemenangan dan tiga kekalahan sampai pertengahan bulan ini. Mereka akan melawat ke Arizona demi menghadapi Phoenix Suns untuk membidik kemenangan lain. Pertandingan bakal dihelat pada Senin, 15 Januari 2018. Sementara itu, Cavaliers yang sedang menjadi pesakitan akan menghadapi rival mereka, Golden State Warriors, keesokan harinya.

Foto: USA Today

Komentar