IBL

Kepercayaan federasi basket Spanyol (FEB) terhadap kepala pelatih Sergio Scraiolo masih sangat tinggi. Kabar terbaru dari AS menyebutkan, FEB siap memperpanjang kontrak Scariolo sampai 2028. Artinya, jika Spanyol melaju ke Olimpiade 2028, Scariolo masih akan ada di sana. 

Meski skenario perpanjangan kontrak ada dan berpeluang besar, kemungkinan hal ini urung terjadi pun masih ada. Sumber yang sama meyakini penentuan nasib Scariolo ada di tangan Elisa Aguilar, Presiden FEB. Jika ia tak lagi terplih sebagai presiden, bisa jadi pelatih asal Italia itu terdepak. 

Sorotan tajam memang terarah kepada pelatih 62 tahun itu setelah Piala Dunia FIBA 2023 yang digelar di Okinawan, Manila, dan Jakarta. Bergabung di Grup G bersama Brasil, Pantai Gading, dan Iran, Spanyol memang berhasil sapu bersih. Namun, di putaran kedua, mereka gagal mengalahkan Kanada dan Latvia yang membuat mereka pulang lebih cepat. 

Pun demikian, Scariolo juga adalah sosok penting dalam basket Spanyol. Ia menangani tim ini pada 2009 sampai 2012. Ia lantas kembali pada 2015 hingga sekarang. Selama itu, sudah ada empat medali emas EuroBasket (2009, 2011, 2015, 2022), satu emas Piala Dunia FIBA 2019, dan medali perunggu Olimpiade 2016. Ia berhasil menyatukan bintang-bintang Spanyol kelahiran 80-an dan awal 90-an. 

Jika perpanjangan kontrak terwujud, maka Scariolo akan menangani era baru Spanyol berisikan pemain mayoritas kelahiran 2000-an. Sanggupkah Scariolo mempertahankan sihirnya? (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

Komentar