IBL

Prawira Harum Bandung menang 76-68 atas Satria Muda Pertamina Jakarta, Minggu (10/3). Laga berlangsung sengit dengan banyaknya pergantian keunggulan dari kedua tim. Total ada 14 pergantian keunggulan dan 5 situasi imbang sebelum laga berakhir. Pun demikian, Satria Muda sejatinya mengontrol pertandingan dengan unggul nyaris sepanjang tiga kuarter. 

Sebelum di empat menit terakhir, Prawira tak pernah unggul lebih dari dua poin. Baru di empat menit terakhir, Prawira mencuri momentum. Pertahanan solid mereka berhasil membuat laju (9-1) hingga mengamankan kemenangan. Di lain sisi, Satria Muda bertahan dengan pertahanan zona 2-3 mereka sepanjang pertandingan. 

Hasil ini membuat rangkaian apik empat kemenangan beruntun Satria Muda berhenti. Ini juga jadi kemenangan kedua beruntun Prawira atas Satria Muda. Sebelum dua partai terakhir, Prawira terakhir kali menang atas Satria Muda pada IBL 2021 yang digelar di "gelembung" Ciasarua Bogor. 

"Kemenangan yang sangat penting bagi kami, utamanya untuk orang-orang di luar sana yang meragukan kami," buka David Singleton, kepala pelatih Prawira. "Kamu memang menderita jumlah kekalahan yang sama saat ini dengan yang kami dapatkan musim lalu, namun kami rasa kami baik-baik saja". 

"Pergantian pemain asing yang kami lakukan memang krusial. Tiga pemain baru ini membawa energi yang berbeda. Itu yang kurang di awal musim lalu, energi kami untuk memenangkan pertandingan jelas kurang. Kredit untuk seluruh pemain atas kemenangan yang penting sebelum jeda panjang yang akan kami hadapi," pungkasnya. 

Brandone Francis muncul sebagai tokoh utama kemenangan Prawira dengan 24 poin dan 9 rebound. Brandone mencetak delapan poin di kuarter empat dan lima di antaranya terjadi saat run (9-1) tersebut. Antonio Hester menyusul denhan dobel-dobel 22 poin dan 15 rebound. Yudha Saputera membantu melalui 15 poin dari 5/10 tembakan. 

"Kami kalah. Kredit untuk Prawira yang bernain bagus hari ini. Mereka terus menekan kamj secara konsisten sejak awal laga," tutur Manuel Gerces, kepala pelatih Sstria Muda. "Kehilangan satu pemain asing dan bermain dua kali dalam dua hari jelaa bukan lah mudah. Kami masih terus memperbaiki kesiapan kami dalam menghadapi situasi seperti ini" 

Bagi Satria Muda, Jarred Shaw memimpin dengan 22 poin dan 9 rebound. Myke Henry menambahkan 14 poin dan 8 rebound sedangkan Dame Diagne 10 poin. Hari ini Satria Muda tampil tanpa Curtis Trey Davis yang mengalami masalah kesehatan sejak gim sebelumnya. 

Hasil ini membuat Satria Muda kini memiliki rekor (6-3). Satria Muda sudah kalah dua kali di kandang. Selain Prawira, Dewa United Banten juga berhasil mencuri kemenangan. Untuk Prawira, ini jadi kemenangan kelima dalam delapan gim. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan 

Komentar