IBL

Tiba-tiba LeBron James mengunggah sepasang cuitan di akun X pribadinya, yang ditujukan untuk ESPN yang sudah mencoret Bronny dari Mock Draft 2024. Namun tak sampai satu jam, kedua cuitan tersebut dihapus oleh bintang utama Los Angeles Lakers. LeBron tampak kebakaran jenggot ketika ESPN tidak memasukkan putranya dalam daftar Draft Tiruan tersebut. 

Masuknya Bronny James ke NBA, mungkin akan lebih lambat dari perkiraan. Dan, bisa jadi menunda impian LeBron untuk bermain bersama anaknya di NBA. Pasalnya, Bronny tidak lagi terdaftar dalam Mock Draft ESPN 2024. Justru ESPN memindahkannya di tahun 2025. 

James yang lebih muda sedang memainkan musim pertamanya di University of Southern, California. Debut kuliahnya tertunda setelah dia mengalami serangan jantung selama musim panas dan memerlukan waktu untuk pulih. Dia rata-rata mencetak 5,5 poin, 2,8 rebound, dan 2,5 asis per pertandingan, dalam waktu lebih dari 20 menit per laga, dalam 19 penampilannya untuk USC, yang memiliki rekor 11-16.

Salah satu yang menyulut emosi LeBron adalah ESPN bahkan ESPN tidak memasukkan Bronny sebagai pilihan putaran pertama. Mereka menempatkannya di putaran kedua di peringkat 39 secara keseluruhan. Artiknya, bila dia memilih untuk bermain bola basket kampus selama satu tahun lagi untuk melatih permainannya, tidak ada jaminan bahwa hal itu akan meningkatkan peringkat draft-nya secara signifikan.

LeBron akhirnya bereaksi dengan kabar tersebut. Dalam sepasang pesan yang sudah dihapus yang diposting Senin sore, waktu Amerika Serikat, LeBron James dengan tegas membela putranya. LeBron mencoba untuk memberikan sanggahan bahwa Mock Draft ESPN ini tidak penting. 

Dikutip dari USA Today, salah satu mantan eksekutif NBA baru-baru ini membandingkan Bronny, dengan garda Orlando Magic saat ini , Gary Harris, dalam hal sisi positifnya. Harris adalah pilihan putaran pertama (No. 19 secara keseluruhan) di NBA Draft 2014. Tentu saja, Bronny masih bisa mendaftar untuk NBA Draft 2024. 

"Saya pikir itu sangat mungkin dan kemungkinan besar dia masih akan mengumumkan draft tersebut setelah tahun ini," kata Adam Finkelstein dari 247Sports.

"Dan, jika Anda telah mengikuti LeBron James selama bertahun-tahun, Anda harus tahu bahwa dia adalah orang yang lebih mendikte pergerakan di lini depan daripada pemain mana pun dalam sejarah NBA. Dia sudah menyiapkan ini selama dua tahun. Saya pikir sangat mungkin Bronny James berada di NBA tahun depan. Tapi seperti yang saya katakan tahun lalu, hal itu tidak hanya didasarkan pada kemampuannya sebagai calon pemain, tapi juga pada apa yang akan terjadi dengan menjadi putra LeBron James."

Meskipun ada keinginan untuk bermain di NBA pada waktu yang sama dengan putranya, LeBron James mengatakan bahwa keputusan mengenai kapan hal itu akan terjadi bukanlah keputusannya. Kini berusia 39 tahun, LeBron pada offseason terakhir ini mengisyaratkan akan pensiun sebelum kembali memainkan musim NBA-nya yang ke-21. Satu laporan mengindikasikan bahwa Lakers terbuka untuk menambahkan putranya ke tim untuk membuat LeBron bahagia. (*)

Foto: Newsweek

Komentar