IBL

Collective Bargaining Agreements (CBA) masih berjalan hingga 2023-24. Tetapi saat ini liga dan Asosiasi Pemain (NBPA) sedang bernegosiasi untuk menurunkan batas bawah NBA Draft. NBA dan NBPA merasa memiliki momentum positif menuju kesepakatan baru.

Dalam laporan The Athletic pada Selasa (20/9), NBA dan NBPA berencana membatalkan aturan CBA yang sudah berlaku sejak 2005 itu. Dalam aturan tersebut batas bawah usia pemain untuk mengikuti NBA Draft adalah 19 tahun.

NBA dan NBPA berencana untuk menurunkan usia kelayakan menjadi 18 tahun. Tetapi hal itu masih dalam tahap diskusi lebih lanjut. Mereka dijadwalkan bertemu lagi pada akhir bulan ini. Tetapi NBA dan NBPA bisa memutuskan aturan terbaru pada 15 Desember 2022.

Jika aturan itu disahkan, maka pada awal 2024 pemain dari SMA bisa langsung mengikuti draft. Mereka akan berada di draft yang sama dengan pemain SMA angkatan sebelumnya dan semua pemain di perguruan tinggi lainnya.

Hal ini bisa berdampak pada kepentingan pribadi LeBron James. Seperti yang sudah diketahui, bintang Los Angeles Lakers itu ingin bermain dengan putranya, Bronny dan Bryce di NBA. Jika disahkan, LeBron bisa mewujudkan impiannya sebelum pensiun itu lebih cepat.

Perubahan itu memang tidak bermasalah bagi Bronny, putra sulung LeBron. Diubah atau tidak, Bronny tetap bisa masuk NBA Draft 2024 mendatang. Saat ini Bronny duduk di bangku SMA dan diperkirakan akan kuliah tahun depan.

Tetapi aturan itu bisa berpengaruh untuk putra kedua LeBron yaitu Bryce. Saat ini Bryce berusia 15 tahun dan akan lulus SMA pada 2025 mendatang.  Jika aturan diubah, ia bisa langsung mengikuti NBA Draft 2025. Saat itu LeBron akan berusia 40 tahun.

LeBron sendiri telah memperpanjang kontrak dua tahun dengan Lakers hingga 2024-25. Meski batas usia NBA Draft diturunkan tampaknya bisa “membantu” LeBron, ia tidak khawatir kehilangan efektivitasnya sebelum putranya masuk liga.

“Saya merasa bisa bermain cukup lama. Jadi, semuanya terserah pada tubuh ini. Tetapi yang paling penting adalah pikiran saya. Jika pikiran saya bisa tetap tajam, segar, dan termotivasi, maka langit pun bukan batasan. Saya bisa melampaui itu. Tapi kita akan lihat,” kata LeBron kepada Sport Illustrated. (rag)

Foto: Sport Illustrated, Marca

Komentar