IBL

Sejak mengakuisi Phoenix Suns, Mat Ishbia terus mengembangkan sayap bisnisnya. Baru-baru ini Ishbia membentuk grup investasi baru bernama Player 15, yang bertujuan untuk mengelola tim Phoenix Suns, Phoenix Mercury (WNBA), dan Footprint Center sebagai kandang kedua tim. Sementara itu, Ishbia juga membuat tim afiliasi yang akan berlaga di G League. Meski nama "adik baru" Phoenix Suns ini belum diumumkan sampai sekarang. 

"Menambahkan tim G League, berarti menciptakan area lain bagi bisnis kami untuk bersaing menjadi yang terbaik. Tim ini nantinya akan menjadi sarana mengembangkan pemain dan pelatih," kata Isbia dikutip dari SportCal.com.

Tim baru Suns tersebut akan debut di musim NBA G League 2024-2025. Pembelian tim G League yang baru memperbanyak kontestan liga ini menjadi 32 tim, sesuatu yang menurut presiden G League Shareef Abdur-Rahim memenuhi ambisi jangka panjang sehubungan dengan setiap tim NBA yang memiliki afiliasi. Namun yang terpenting, sekarang semua kontestan NBA (30 tim) sudah memiliki tim afilisi G League. 

"NBA G League tidak pernah lebih berharga bagi tim-tim NBA dibandingkan saat ini, dan investasi Suns semakin memperkuat kenyataan tersebut," kata Abdur-Rahim.

Nama untuk tim baru akan ditentukan melalui hasil sayembara terbuka untuk penggemar Suns dan Mercury, dengan cara yang sama seperti penentuan nama Suns saat didirikan pada tahun 1968. Tim akan memainkan pertandingan di wilayah metropolitan Phoenix, meskipun tidak diketahui apakah ini akan diadakan di Footprint Center juga. 

Mat Ishbia membeli Suns dan Mercury pada Februari 2023 seharga 4 miliar dolar Amerika dari pemilik sebelumnya Robert Sarver, yang menjual tim tersebut setelah skorsing NBA dan denda 10 juta dolar Amerika karena melanggar aturan organisasi NBA. Temuan ini muncul sebagai bagian dari investigasi yang dilakukan badan pengelola terhadap tuduhan insiden rasis, misoginis, dan permusuhan yang dilakukan Sarver selama hampir dua dekade masa jabatannya.

Ishbia, kali ini menjadi pemilik tim termuda di NBA pada usia 42 tahun Dia adalah ketua dan presiden pemberi pinjaman hipotek AS United Wholesale Mortgage dan dilaporkan memiliki kekayaan bersih sebesar 5,1 miliar dolar Amerika. Saudaranya Justin, mitra pendiri perusahaan ekuitas swasta Shore Capital, juga merupakan bagian dari grup kepemilikan Suns. (*)

Foto: Yardbarker

Komentar