IBL

Anda ingat dengan kartun asal Jepang berjudul Dragon Ball Z? Komik dan atau anime yang sangat populer di Indonesia pada 1990-an hingga 2000-an ini memang punya tempat tersendiri di hati penggemarnya. Karakter seperti Son Goku, Son Gohan, Kurilin, Frieza, Bezita hingga evolusi Son Goku menjadi Super Saiya merupakan hal yang sangat mudah dikenang.

Tak hanya soal karakter, ada banyak hal lain yang bisa diingat dari komik buatan Akira Toriyama ini. Jurus “Bola Semangat” dan “Kamehame-Ha!” sering dipraktekkan anak kecil yang menontonnya. Selain komik, serial animenya pun jadi yang ditunggu anak-anak setiap Minggu pagi.

Walau pamornya kini kian memudar, Anda tak perlu khawatir karena Anda akan menemukan karakter-karakter mereka dalam bentuk yang berbeda. Pada akhir 2017 lalu, beredar rumor bahwa adidas akan merilis sepatu kolaborasi Dragon Ball Z. Tak hanya satu, tapi tujuh. Kini, berita tersebut pun jadi kenyataan. Penggiat kultur sneaker asal Amerika Serikat, Yeezy Mafia, membocorkan hal itu di akun Instagram pribadinya bahwa adidas telah siap dengan seri perkenalan kolaborasi ini.

adidas mengeluarkan dua sepatu kolaborasi menggunakan dua basis sepatu baru. Sepatu pertama terinspirasi dari warna karakter Frieza dengan basis adidas Yung-1. Frieza adalah karakter antagonis di Dragon Ball Z yang pertama kali muncul pada episode 268. Sedangkan adidas Yung-1 sendiri adalah sepatu terbaru adidas dengan tema klasik ala sepatu ayah.

Siluetnya menggunakan warna putih dengan ornamen ungu gelap. Perpaduan ini memberikan kesan klasik dan dinamis. Hal tersebut wajar, karena desain adidas Yung-1 sendiri sangat terinspirasi dari sepatu-sepatu lari adidas 1990-an, seperti adidas Ozweego. Dengan sol tebal, bagian atas yang juga tebal serta perpaduan warna yang cenderung kontras menjadi ciri utama sepatu ini.

Sementara sepatu kolaborasi perkenalan selanjutnya menggunakan tokoh Cell. Karakter Cell pertama kali muncul di manga Dragon Ball nomor 361 pada 1992. Cell adalah tokoh monster misterius dengan warna kulit hijau tua dan totol hitam di sekujur tubuhnya. adidas memadukan kharisma misterius Cell dengan siluet sepatu kasual terbaru, yaitu adidas Prophere.

Adidas Phopere ini diberi warna dasar hijau tua dengan totol hitam dari bahan atas sepatu yang terbuat dari primeknit. Sementara bagian lidah atas diberi ornamen warna ungu seperti yang ada di wajah Cell. Perpaduan warna di seri ini membuat sepatu adidas Prophere terlihat lebih maskulin dengan warna hijau tua yang aman dipadukan dengan baju warna apapun.

Yeezy Mafia juga menyebutkan bahwa adidas sedang dalam pengerjaan sepatu lain dengan karakter berbeda. Ia menyebutkan karakter yang akan dilebur selanjutnya, antara lain: Mr. Popo, Tien Shinhan, serta Mr. Satan. Sedangkan untuk tanggal perilisan resmi kolaborasi ini masih dirahasiakan pihak adidas.

Terkait kolaborasi dengan Dragon Ball Z, beberapa waktu lalu juga beredar gambar sebuah adidas NMD Hu yang diberi ornamen tujuh bola naga di bagian atas. Belum dapat dipastikan apakah sepatu tersebut masuk dalam tujuh seri ini atau pada perilisan lainnya.

Sebuah kolaborasi kreatif antara merek sepatu dengan karakter kartun ini bukanlah yang pertama. Reebok pernah berkolaborasi dengan TED untuk menciptakan BAIT x TED x Reebok Instapump Fury. Sementara itu, Converse pernah bekerja sama dengan manga One Piece untuk seri kolaborasi eksklusif One Piece x Converse Chuck Taylor 1970’s dengan boks spesial.

Akankah kolaborasi adidas dengan Dragon Ball Z ini sukses? Kita lihat saja, tapi yang pasti kolaborasi ini juga merupakan salah satu strategi adidas dalam memperkenalkan dua siluet terbaru mereka.

Sumber Foto: Yeezy Mafia, Hypebeast, Sneakernews, Dragon Ball Z Archieve

Komentar