IBL

Pemain Los Angeles Lakers Jarred Vanderbilt telah didiagnosis menderita keseleo bagian tengah kaki kanan dan akan dievaluasi kembali dalam waktu sekitar tiga hingga empat minggu. Cedera Vanderbilt terjadi saat Lakers menang atas Boston Celtics pada 1 Februari, ketika Vanderbilt mencetak 10 poin dan tujuh rebound dalam 16 menit. Diprediksi cedera tersebut akan mengubah arah Lakers di bursa transfer tengah musim. 

Cedera Vanderbilt menambah daftar absensi pemain Lakers di posisi penting. Garda utama Gabe Vincent telah absen sejak akhir Desember 2023 dan akan terus absen dalam jangka waktu yang lama setelah menjalani operasi lutut arthroscopic. Cam Reddish telah absen sejak akhir Januari 2024 karena cedera pergelangan kaki. Selain cedera tersebut, bintang LeBron James dan Anthony Davis,  selalu ada dalam daftar laporan cedera Lakers. Sehingga kondisinya dipertanyakan.

Vanderbilt, untungnya menandatangani perpanjangan empat tahun senilai 48 juta dolar Amerika selama offseason. Dia tidak memainkan pertandingan pertamanya musim ini hingga 2 Desember 2023 karena radang kandung lendir tumit. Butuh waktu lebih lama baginya untuk kembali ke level seperti yang ia mainkan musim lalu, namun akhir-akhir ini, ia muncul sebagai salah satu dari sedikit pemain positif yang konsisten untuk tim Lakers yang sebaliknya mengecewakan. 

Lakers telah memenangkan 581 menit saat Vanderbilt ada di lapangan. Peringkat pertahanan mereka adalah 5,9 poin per 100 possession. Sementara itu, Darvin Ham baru saja melakukan pemanasan dengan gagasan untuk kembali ke komposisi tim inti yang terdiri dari Vanderbilt, LeBron James, Anthony Davis, Austin Reaves, dan D'Angelo Russell. Pertahanan Vanderbilt memberikan penyeimbang yang diperlukan terhadap serangan yang dilakukan Reaves dan Russell. Itulah yang membuat susunan pemain berhasil.

Kini, Lakers tidak diperkuat bek perimeter terbaiknya, setidaknya selama satu bulan. Cedera itu terjadi beberapa hari sebelum batas waktu perdagangan, pertahanan perimeter kini tampaknya menjadi kebutuhan yang jauh lebih besar dibandingkan posisi lain. 

Lakers duduk di peringkat kesembilan Wilayah Barat dengan rekor 26-25. Kemenangan beruntun dua pertandingan baru-baru ini melawan Celtics dan Knicks membantu mereka bangkit, tetapi Lakers masih berada di ambang kehilangan babak playoff dengan Utah Jazz dan Houston Rockets tepat di belakang mereka.

Dengan tenggat waktu perdagangan yang tinggal beberapa hari lagi, Lakers mungkin akan mengambil beberapa langkah untuk membantu pemain mereka saat mereka menghadapi cedera. Menurut Tim Bontemps dan Bobby Marks dari ESPN, Lakers tidak bersedia menerima pemain dengan kontrak maksimal ketiga kecuali mereka adalah pemain All-NBA, yang akan menyingkirkan garda Atlanta Hawks Dejounte Murray, yang telah dikaitkan dengan Lakers.

Oleh karena itu, Lakers masih bisa berusaha menambah kedalaman dan pemain peran di sekitar James dan Davis pada tenggat waktu. Tetapi dengan cedera Vanderbilt, Lakers harus mencari pemain yang bisa menggantikan posisinya. Pemain seperti Dorian Finney-Smith dan Royce O'Neale sekarang lebih masuk akal bagi Lakers, dibandingkan sebelum Vanderbilt cedera. (*)

Foto: USA Today

Komentar