IBL

Memphis Grizzlies tidak membuang kesempatan dalam jendela transfer tengah musim. Dalam terpaan badai cedera, Grizzlies membuat pergerakan untuk bisa bertahan di musim ini dan menata tim untuk musim berikutnya.

Mereka menukar Steven Adams ke Houston Rockets. Sebagai gantinya, Grizzlies mendapatkan Victor Oladipo serta tiga hak pilih draft 2024 dan 2025. Meski tidak bisa berdampak langsung, setidaknya pertukaran ini relevan untuk Grizzlies di musim depan.

Musim depan akan menjadi tahun pertama Ja Morant dan Desmond Bane bermain dalam kontrak maksimalnya. Selain kesepakatan itu, Jaren Jackson Jr. dan Marcus Smart akan menghasilkan lebih dari AS$45 juta. Belum termasuk Luka Kennard dan Brandon Clarke yang masing-masing diproyeksikan lebih dari AS$12 juta.

Dengan menukar Adams, Grizzlies bisa lebih berhemat. Pertukaran itu membuat Grizzlies bisa menghapus AS12,4 musim depan sehingga menurunkan sekitar AS$17juta di bawah salary cap sebesar AS$190 juta. Kontrak Oladipo sendiri juga hampir habis. Ia tidak memiliki batas waktu untuk kembali bermain.

Adams dan Oladipo sama-sama mengalami cedera lutut. Adams tidak bisa bermain musim ini. Ia menjalani operasi lutut kanan. Adams menepi sejak Januari 2023. Pemain asal Selandia Baru itu diharapkan bisa pulih musim depan.

Oladipo mengalami nasib yang sama. Ia absen sejak April 2023 saat masih di Miami Heat. Sebelum musim 2023-2024, Oladipo terombang-ambing. Ia sempat ditukar ke Oklahoma City Thunder lalu kembali lagi ke Rockets.

Bagi Rockets, mereka bisa menunggu Adams pulih di musim 2024-2025. Rockets membutuhkan center yang yang bisa melapisi Alperen Sengun. Sebelum cedera, Adams memiliki 11,5 rebound per gim dalam 42 pertandingan.

Sementara itu, Grizzlies sudah “ditinggalkan” oleh Ja Morant yang absen 25 gim karena skors lalu menutup musim usai cedera bahu. Marcus Smart cedera jari. Ditambah lagi Desmond Bane bermasalah pada pergelangan kaki. Brandon Clarke belum bisa debut musim ini.

Pada bulan ini Derrick Rose dan Luke Kennard juga absen. Status Xavier Tillman masih dipantai hari ke hari. Dengan deretan daftar cedera itu, Grizzlies bertanding dengan pemain seadanya. Grizzlies menjadi ketiga terburuk dengan 18-30. (rag)

Foto: Joe Murphy/NBAE via Getty Images

Komentar