IBL

Dari ke-30 kontestan NBA 2023-2024, Golden State Warriors merupakan tim yang paling butuh perubahan dalam waktu dekat. Pasalnya mereka adalah tim dengan pengeluaran terbesar di liga, namun prestasinya tidak sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Kabarnya Warriors siap melego atau memindahtangankan Chris Paul dan Andrew Wiggins untuk mengurangi beban biaya klub. 

Rumor ini cepat berhembus setelah Warriors hanya berada di posisi ke-12 di klasemen Wilayah Barat. Mereka mencetak persentase kurang dari 50 persen dalam lima pertandingan terakhir. Sementara, tagihan pajak Warriors adalah yang tertinggi dari 30 kontestan NBA lain, dengan 206 juta dolar Amerika. Tentu saja jumlah ini sangat membebani pembiayaan tim. 

Dalam sebuah wawacara di televisi, Shams Charania dari The Athletic mengatakan bahwa Warriors bersedia untuk melepas Andrew Wiggins dan Chris Paul. Bahkan bisa saja Warriors akan melepas Klay Thompson, demi kebaikan tim. 

"Mereka (Golden State Warriors) akan menerima penawaran yang diajukan klub lain untuk Andrew Wiggins dan Chris Paul. Tetapi bisa saja tim-tim lain menawar Klay Thompson," kata Charania. "Sekarang Warriors harus berpikiran terbuka. Mereka punya tagihan pajak yang sangat tinggi. Namun performa tim ini tidak mencerminkan pengeluarannya. Mereka di bawah 50% kemenangan dan posisi ke-12 di klasemen."

Warriors telah kalah enam kali dari delapan pertandingan terakhir. Jika Warriors tidak lolos playoffs, maka akan menjadi kerugian besar bagi pemilik klub yang rela membayar ratusan juta dolar hanya untuk mempertahankan pemain bintangnya seperti Stephen Curry, Draymond Green, dan Klay Thompson. Di sisi lain, pemain pendukung, termasuk Chris Paul dan Andrew Wiggins, belum bisa diandalkan. 

Andrew Wiggins hanya menjadi All-Star bersama Golden State Warriors pada tahun 2022. Namun, dia bermain jauh di bawah rata-rata musim ini, hanya menghasilkan 12,3 poin dan 4,2 rebound pada tembakan 43/31/70. Warriors jelas membutuhkan dia untuk mencetak hampir 20 poin dan 9 rebound per gim untuk mereka musim ini.

Chris Paul adalah 12 kali All-Star, yang juga terakhir kali menjadi All-Star pada tahun 2022. Mirip dengan Wiggins, kebugaran Paul belum sepenuhnya pulih, ditambah lagi cedera baru yang dialaminya (patah tulang tangan). Chris Paul hanya mencetak rata-rata 8,9 poin dan 7,2 asis pada tembakan 42/36/83. Hal ini bisa dilihat dari ketidakkonsistenan menit bermainnya. Paul juga belum bisa menjadi penentu kemenangan bagi Warriors. (*)

Foto: Scott Strazzante | The Chronicle

Komentar