IBL

LeBron James menjadi pemain pertama yang mencapai 20 kali NBA All-Star. Ia hanya melewatkan satu edisi yakni pada musim rukinya pada 2004. Pada tahun itupun LeBron James tetap menjadi sorotan dengan menjadi Rookie of the Year.

LeBron (lagi-lagi) melampaui Kareem Abdul-Jabbar sebagai pemain dengan partisipasi All-Star terbanyak. Abdul-Jabbar tercatat tampil di All-Star sebanyak 19 kali. Legenda Los Angeles Lakers itu melewatkan edisi 1978.

“Saya berterima kasih kepada para penggemar yang telah melalui perjalanan saya selama 21 tahun ini. Dan memilih saya sebagai starter All-Star ke-20 kali beruntun. Sungguh sangat membanggakan,” kata LeBron usai membawa kemenangan Lakers 141-132 dari Chicago Bulls di Crypto.com Arena.

Baca juga: Starter NBA All-Star 2024 Dirilis, Tak Ada Stephen Curry di Barat

Ada empat pemain lain yang mengoleksi All-Star terbanyak. Kobe Bryant menempati posisi ketiga dengan jumlah 18 kali All-Star. Kemudian masing-masing 15 kali yaitu Tim Duncan, Kevin Garnett, dan Shaquille O’Neal.

LeBron juga terpilih sebagai kapten tim (lagi). Pencetak skor terbanyak NBA itu memimpin Wilayah Barat. Starter yang lain adalah Nikola Jokic, Kevin Durant, Luka Doncic, dan Shai Gilgeous-Alexander.

“Saya merasa bersyukur bisa melakukan apa yang saya sukai dan mencoba memberi balasan dengan permainan yang saya jalani lebih dari dua dekade. Sangat keren bisa menjadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang bermain di banyak All-Star atau semacamnya,” lanjut LeBron.

Pemilik empat gelar NBA itu pertama kali masuk starter pada All-Star 2005. LeBron terus menghiasi daftar bintang hingga kini. Dalam dua dekade tersebut, LeBron tiga kali menjadi MVP All-Star masing-masing pada 2006, 2008, dan 2018.

LeBron yang telah berusia 39 tahun itu, menjalani musim ke-21. Ia menghabiskan karier di Cleveland Cavaliers, Miami Heat, dan Lakers. Semuanya pernah meraih juara. LeBron memiliki rata-rata 24,8 poin, 7,2 rebound, dan 7,4 asis di Lakers.

Starter NBA All-Star ini dipilih oleh pemungutan suara dari penggemar (50 persen), pemain (25 persen), dan sisanya oleh penulis serta media. Untuk pemain cadangan All-Star akan dipilih oleh para pelatih. Pengumumannya pada 1 Februari 2024. NBA All-Star Game 2024 akan berlangsung pada 18 Februari mendatang di Indianapolis. (rag)

Foto: Adam Pantozzi/NBAE via Getty Images

Komentar