IBL

Milwaukee Bucks mengguncang segalanya di pertengahan musim, memecat pelatih Adrian Griffin setelah hanya memimpin 43 pertandingan. Langkah ini mengejutkan hampir semua orang, mengingat ini adalah tahun pertama Griffin bersama tim, dan Bucks, meski tidak terlihat terlalu mengesankan, masih memiliki rekor 30-13. Namun tim  tersebut jelas merasa mereka membutuhkan perubahan dan tidak ingin membuang waktu.

Daripada bertahan dengan pelatih kepala pemula mereka, Bucks memutuskan untuk mendatangkan pelatih kepala veteran Doc Rivers, yang melatih Sixers selama tiga musim terakhir dan LA Clippers, Boston Celtics, dan Orlando Magic sebelumnya. Doc Rivers sedang menyelesaikan kesepakatan untuk mengambil alih jabatan pelatih Milwaukee Bucks sehari setelah pemecatan Adrian Griffin, kata seseorang yang mengetahui negosiasi tersebut kepada The Associated Press pada 24 Januari. Pelatih sementara Joe Prunty ditetapkan untuk melatih Bucks pada 24 Januari ketika mereka menjamu Cavaliers.

Rivers memiliki banyak ikatan dengan Milwaukee, saat ia bermain untuk Marquette dari 1980-83 dan jersei No. 31 miliknya digantung di langit-langit Fiserv Forum. Dia juga memiliki latar belakang kejuaraan setelah memimpin Boston Celtics meraih gelar pada tahun 2008 dan penampilan Final Gim 7 dua tahun kemudian.

Dia tidak meraih banyak kesuksesan pascamusim di tugas selanjutnya bersama Los Angeles Clippers (2013 hingga 2020) dan Philadelphia 76ers (2020 hingga 2023). Sixers memecatnya tahun lalu setelah mereka tersingkir di babak kedua playoff dalam tiga musimnya di Philadelphia. Rivers memiliki rekor musim reguler 1.097-763 dan rekor playoff 111-104 dalam 24 musim bersama Orlando Magic (1999-2004), Celtics (2004 hingga 2013), Clippers dan Sixers. 1.097 kemenangannya di musim reguler membuatnya terpaut satu angka dari Larry Brown untuk posisi kedelapan terbanyak dalam sejarah NBA.

Doc Rivers dianggap punya catatan baik karena, dengan 24 tahun menjadi pelatih kepala NBA, Doc adalah salah satu pelatih kepala paling berpengalaman di liga. Milwaukee jelas tidak lagi nyaman dengan pelatih kepala pemula yang mengemudikan kapal, dan mereka menginginkan seseorang yang lebih berkualitas.

Doc Rivers harusnya memberikan stabilitas untuk tim Bucks, mengingat pengalamannya dan sejarah kesuksesan musim reguler di NBA. Tim harus punya sistem dasar yang jauh lebih baik daripada yang mereka miliki di bawah Griffin. Rivers tahu memahami bagaimana membuat tim ini bekerja lebih baik daripada yang dilakukan Griffin.

Stabilitas ini akan terlihat di sisi ofensif, di mana Rivers kemungkinan besar akan sangat bergantung pada pick-and-roll Damian Lillard dan Giannis Antetokounmpo. Dia melakukan ini musim lalu dengan James Harden dan Joel Embiid, menjalankan 22,6 pick-and-roll di antara mereka per gim dalam yang membawa peringkat ofensif terbaik ketiga liga, menurut data Last Night in Basketball.

Namun ada juga catatan buruk di mana beberapa kali tim yang dilatih Doc Rivers mengalami penurunan di babak playoff. Dalam 19 penampilan playoff sebagai kepala pelatih, ia hanya tiga kali lolos ke babak kedua. Rivers juga menjadi terkenal karena menghilangkan keunggulan seri playoff. Dalam pertandingan yang berpotensi meraih seri dalam karirnya, ia memiliki rekor buruk 16-33. Lebih buruk lagi, dia pernah kehilangan keunggulan 3-1 dalam tiga seri berturut-turut, sesuatu yang hanya terjadi total 13 kali dalam sejarah NBA. (*)

Foto: Behind The Buck Pass

Komentar