IBL

Di saat pemain basket berlomba-lomba untuk bisa bermain di NBA, ternyata ada juga pemain yang tidak ingin kembali ke liga tersebut. Dia adalah pemain timnas bola basket Perancis Guerschon Yabusele. Pemain berusia 28 tahun yang pernah dua musim di Boston Celtics tersebut, justru tidak mau jika harus bermain di NBA lagi. 

Terpilih sebagai pilihan ke-16 di NBA Draft 2016, Yabusele hanya menghabiskan dua musim bersama Boston Celtics. Yabusele bermain di NBA musim 2017-2018 dan 2018-2019 bersama Celtics. Memainkan 74 kali pertandingan dengan rata-rata 2,3 poin dan 1,4 rebound per gim. Yabusele juga bermain dalam 16 pertandingan playoff NBA. Setelah satu musim di Tiongkok, ia kembali ke bola basket Eropa pada tahun 2020 bersama ASVEL.

Setahun kemudian, ia bergabung dengan Real Madrid, membuktikan dirinya sebagai salah satu penyerang terbaik di EuroLeague Turkish Airlines. Saat ini, dia tidak ingin kembali ke NBA, dikutip dari laporan L'Equipe

"Saya tidak ingin lagi menghabiskan musim bersama Boston Celtics atau di NBA, karena tidak tahu kapan harus bermain dan kapan tidak bermain. Saya tidk ingin kembali ke NBA, tapi saya bermain untuk tim terbaik di Eropa dan memenangkan gelar juara," katanya. "Di NBA, saya hanya duduk di bangku. Lebih baik saya bergabung dengan Tim Nasional Prancis setelah musim panas ini berakhir, jadi saya menunggu Olimpiade, bukan NBA."

Foto: Celtics Blog

Yabusele lahir dan besar di Dreux, Prancis, dari orang tua yang beremigrasi dari Zaire. Sepanjang awal, Yabusele berlatih sebagai petinju. Dia mulai bermain bola basket dengan Chorale Roanne Basket pada tahun 2012, berkompetisi dengan tim U-21. 

"Ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Keluarga saya bahagia, dan saya bangga. Telah disebutkan bahwa penjadwalannya mungkin bertepatan dengan masa persiapan tim, namun mudah-mudahan kami dapat menemukan cara bagi saya untuk hadir jika saya terpilih. Tidak setiap hari Anda mendapat kesempatan untuk membawa api Olimpiade di kota tempat Anda dilahirkan," tandasnya.

Kita mungkin sudah banyak membaca tentang usaha keras beberapa pemain untuk kembali ke NBA. Seperti Jeremy Lin, DeMarcus Cousins, Dwight Howard, sampai Isaiah Thomas. Namun sampai sekarang tidak ada seorang pun dari mereka yang berhasil. NBA liga yang kompetitif, jika dinilai dari persaingan antarpemain. Sehingga ketika seorang pemain terdepak, maka akan sulit untuk kembali lagi. (*)

Foto: El Mundo

Komentar