IBL

Pada 1 Juli 2023, Jordan Brand resmi meluncurkan Jordan Zion 3 untuk pemain New Orleans Pelicans, Zion Williamson. Sepatu ini juga sudah beredar di pasaran. Tetapi belakangan justru ada perbedaan dari sepatu yang dipakai Williamson dengan yang dijual bebas. Hal ini memicu kekecewaan konsumen. 

Zion Williamson meminta Jordan Brand untuk membuat sepatu dengan siluet ringan dan berpotongan rendah. Tetapi membuat produk ringan untuk menahan pemain sebesar dan sekuat Williamson bukan hal yang mudah. Karena semakin minim teknologi atau bahan yang dipakai, maka potensi rusak jelas lebih besar. 

Foto: CBC Sports

Padahal kalau kita ingat, saat dia masih berstatus pemain Duke Blue Devils, Williamson pernah mengalami sepatu rusak di tengah pertandingan. Kejadian tersebut mengakibatkan dia cedera selama musim pertamanya. Berbekal pengalaman tersebut Jordan Brand rupakanya takut untuk memberikan sepatu yang sama dengan retail dengan yang dipakai Zion Williamson. Akhirnya mereka merevisi desain tersebut. 

Selama bulan Januari 2024, Williamson memakai Jordan Zion 3 versi modifikasi. Sebab ada dua tali kaki depan yang dipasang dalam sepatu tersebut. Tujuannya sudah jelas yaitu menambah kekuatan dan stabilitas untuk pemain, serta yang pasti menambah kekuatan sepatu tersebut untuk menahan beban yang diberikan oleh tubuh Williamson. 

Jordan Zion 3 yang dijual di pasaran. Foto: Selecta Biso

Masalahnya, hal ini menimbulkan kritik keras dari komunitas sneaker basket. Beberapa konsumen tidak setuju dengan langkah Jordan Brand, karena sepatu yang dipakai pemain berbeda dari yang dijual ke publik. Hingga berita ini diturunkan belum ada penjelasan dari Jordan Brand tentang perbedaan desain sepatu Jordan Zion 3. Karena versi lama juga masih dijual di situs web Nike. (*)

Foto: Sports Illustrated

Komentar